Kamis, 02/02/2023 07:53 WIB

Ketua Komisi III DPR Maunya RKUHP Disahkan Sebelum Reses

RKUHP relatifnya kita sudah sepakat dengan pemerintah. Ini kan pasti ada mekanisme di dalam DPR, nanti masuk ke pimpinan DPR, terus di-Bamus-kan (Badan Musyawarah).

Ketua Komisi III DPR RI, Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul. (Foto: Dok. Tempo)

Jakarta, Jurnas.com - Ketua Komisi III DPR RI Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul berharap Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP) disahkan sebelum masa reses pada 15 Desember mendatang.

Menurut dia, pihaknya telah mengakomodir masukan dari masyarakat saat melakukan reformulasi draf tersebut.

"RKUHP relatifnya kita sudah sepakat dengan pemerintah. Ini kan pasti ada mekanisme di dalam DPR, nanti masuk ke pimpinan DPR, terus di-Bamus-kan (Badan Musyawarah)," kata Bambang Pacul di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (29/11).

"Ini belum Bamus. Tapi secara prinsip itu RKUHP relatif sudah clear. Enggak (dibahas ulang). Disahkannya kapan ya ikuti proses. Mudah-mudahan (sebelum reses)," imbuhnya.

Politikus PDIP ini menjelaskan, pengesahan RKUHP sangat urgen. Hal itu lantaran Indonesia sudah terlalu lama memakai KUHP produk kolonial.

"Urgensinya sangat urgent. KUHP, semua orang tahu persoalan hukum pidana itu di situ. Kita bisa punya padanan semua. Semua rumusnya sama. Kalau urusan pidana pegangannya KUHP, bisa dibaca semua. Barang kolonial itu (KUHP). Lama sekali, miliknya Belanda," terangnya.

Kendati demikian, Pacul menyadari bahwa draf final RKUHP tidak akan memuaskan semua pihak. Namun, dia mengaku Komisi III telah mengkaji ulang sesuai masukan masyarakat.

"Pasti (masih ada penolakan). Tapi inilah, kita sudah mengubah lebih dari separuh dan itu wajar-wajar saja kalau masih ada yang protes," ujarnya.

Namun, Pacul mengungkapkan, bahwa kemungkinan RKUHP disetujui menjadi UU dalam rapat paripurna bersamaan dengan pengesahan calon Panglima TNI.

"Ya saya tidak berani memperkirakan. Prosesnya itu tetep, prosedur proses seperti mungkin, sama dengan, barengan dengan Pak Panglima TNI," tandasnya.

 

TAGS : Warta DPR Ketua Komisi III Bambang Wuryanto RKUHP PDIP




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :