Jum'at, 17/05/2024 15:18 WIB

Pemilik Twitter Musk Unggah Cuitan Teori Konspirasi Lalu Dihapus

Pemilik Twitter Musk Unggah Cuitan Teori Konspirasi Lalu Dihapus.

Profil Twitter Elon Musk terlihat pada smartphone yang ditempatkan pada logo Twitter tercetak dalam ilustrasi gambar ini yang diambil pada 28 April 2022. Reuters/Dado Ruvic/Illustration//File Photo

JAKARTA, Jurnas.com - Pemilik Twitter baru Elon Musk mentweet teori konspirasi anti-LGBT terkait apa yang terjadi pada malam suami Ketua AS Nancy Pelosi diserang. Namun, beberapa jam kemudian ia menghapus unggahan tersebut.

Pada Minggu (30/10) pagi, Musk melontarkan cuitan tanggapan kepada Hillary Clinton, yang mengunggah berita tentang dugaan tautan penyerang ke sayap kanan.

 

"Ada kemungkinan kecil mungkin ada lebih banyak cerita ini daripada yang terlihat," kata Musk kepada Clinton. Ia melampirkan tautan ke cerita, yang tidak lagi dapat diakses, oleh Pengamat Santa Monica yang konservatif.

Musk mungkin berpikir ulang tentang tweet tersebut karena sekitar tengah hari sebuah pesan muncul, "Tweet ini telah dihapus oleh penulis Tweet". Pada saat itu, tweet Musk telah disukai 110.000 kali, kata situs berita online Semafor.

Tweet itu tidak lagi terlihat pada Minggu sore di feed Musk.

Outlet mingguan yang dikutip oleh Musk dalam tweetnya telah menerbitkan teori konspirasi lain di masa lalu, termasuk bahwa tubuh ganda untuk Clinton dikirim ke debat dengan Donald Trump selama kampanye pemilihan 2016, menurut Los Angeles Times.

Tweet Musk pada Minggu dengan cepat menjadi titik fokus bagi para kritikus yang gelisah tentang arah di mana ia bermaksud untuk mengambil Twitter, platform media sosial terkemuka untuk wacana dan diplomasi global.

Departemen komunikasi Twitter tidak menanggapi permintaan AFP untuk berkomentar tentang tweet tersebut dan apakah Musk sendiri yang menghapusnya.

Musk, yang kicauannya yang blak-blakan dan kontroversial telah menimbulkan masalah di masa lalu, telah bersumpah untuk menghentikan moderasi konten, lebih mengandalkan algoritme komputer daripada monitor manusia. Konservatif mengatakan moderasi masa lalu telah secara tidak adil menargetkan pandangan mereka.

Dalam sebuah pesan yang dimaksudkan untuk meyakinkan pengiklan Twitter yang gelisah tentang kepemimpinannya, Musk mengatakan akhir pekan lalu bahwa ia menyadari Twitter "tidak bisa menjadi neraka yang bebas untuk semua di mana apa pun dapat dikatakan tanpa konsekuensi".

Tetapi para pencela memperingatkan bahwa tanpa standar, alun-alun kota digital dunia berisiko dibanjiri informasi yang salah, dengan kemungkinan konsekuensi yang berbahaya bagi demokrasi dan kesehatan masyarakat.

"Clinton: Teori konspirasi membuat orang terbunuh dan kita seharusnya tidak memperkuatnya. Pemilik Twitter: Tapi apakah Anda sudah mempertimbangkan teori konspirasi ini?" tulis ilmuwan politik Universitas Denver Seth Masket setelah tweet Musk hari Minggu.

Mantan pelapor khusus PBB untuk kebebasan berekspresi, David Kaye, mengolok-olok beberapa topi yang tampaknya ingin dipakai Musk. Ia menulis di Twitter: "troll elon harus melaporkan pencopotan ini ke chief twit elon."

Langsung Dikritik

Nancy Pelosi, yang berada di urutan kedua kepresidenan AS, mengatakan keluarganya patah hati dan trauma" setelah penyusup masuk ke rumah pasangan itu di San Francisco Jumat pagi dan menyerang Paul Pelosi dengan palu, mematahkan tengkoraknya.

Pria 82 tahun itu dalam pemulihan di rumah sakit.

Presiden Joe Biden mengatakan tampaknya serangan itu ditujukan untuk Nancy, dan menyerukan retorika politik yang semakin terpolarisasi.

"Partai Republik dan corongnya sekarang secara teratur menyebarkan kebencian dan teori konspirasi gila. Ini mengejutkan, tetapi tidak mengejutkan, bahwa kekerasan adalah hasilnya," kata Clinton dalam tweet-nya.

Tanggapan Musk datang hanya beberapa jam setelah Twitter mengatakan situs itu menjadi sasaran kampanye trolling yang menguji kebijakan moderasinya di bawah kepemimpinan pengusaha miliarder itu.

"Kebijakan Twitter tidak berubah ... Dan kami mengambil langkah-langkah untuk menghentikan upaya terorganisir untuk membuat orang berpikir kami telah berubah," cuit kepala keamanan dan integritas platform, Yoel Roth.

Roth mengatakan sejumlah kecil akun telah memposting satu ton konten kebencian - termasuk 50.000 tweet menggunakan cercaan tertentu yang dibuat oleh hanya 300 akun. "Hampir semua akun tidak autentik," katanya.

Roth juga me-retweet posting Musk di mana kepala Tesla menegaskan kembali bahwa "kami belum membuat perubahan apa pun pada kebijakan moderasi konten Twitter."

Sumber: AFP

KEYWORD :

Twitter Elon Musk Teori Konspirasi anti-LGBT




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :