Jum'at, 17/05/2024 14:48 WIB

Para Pemimpin Internasional Sampaikan Belasungkawa Atas Tragedi Halloween Korea Selatan

Para Pemimpin Internasional Sampaikan Belasungkawa Atas Tragedi Halloween Korea Selatan.

Seseorang, diyakini menderita serangan jantung, diangkut dengan tandu di distrik kehidupan malam Itaewon yang populer di Seoul pada 30 Oktober 2022. (Foto: AFP/Jung Yeon-je)

JAKARTA, Jurnas.com - Para pemimpin internasional menyatakan belasungkawa setelah setidaknya 22 warga negara asing dari 12 negara termasuk di antara mereka yang dalam tragedi pesta Halloween di Itaewon, tempat kehidupan malam yang populer bagi warga Korea Selatan dan ekspatriat.

Presiden Korea Selatan, Yoon Suk-yeol mengumumkan masa berkabung nasional pada Minggu (30/10) setelah pesta Halloween menewaskan 153 orang di kawasan kehidupan malam yang padat.

Kantor berita Yonhap melaporkan, mereka yang tewas dalam tragedi pada Sabtu malam termasuk orang-orang dari China, Iran, Rusia, Amerika Serikat (AS), Australia, Uzbekistan, Vietnam, Kazakhstan, Austria, Sri Lanka, Thailand, Norwegia dan Prancis.

Setidaknya empat warga negara China termasuk di antara mereka yang tewas, kantor berita Xinhua melaporkan, mengutip kedutaan besar China di Seoul.

"Atas nama pemerintah dan rakyat China, saya ingin menyampaikan belasungkawa yang mendalam kepada para korban dan menyampaikan belasungkawa yang tulus kepada keluarga mereka dan yang terluka," kata Presiden China, Xi Jinping dalam sebuah surat, menurut Xinhua.

Xi mengatakan kecelakaan itu juga menyebabkan warga China lainnya terluka dan berharap Korea Selatan akan melakukan segala upaya untuk menyembuhkan dan menangani akibatnya.

Presiden AS, Joe Biden dan ibu negara Jill Biden mengirimkan belasungkawa mereka, menulis: "Kami berduka dengan rakyat Republik Korea dan mengirimkan harapan terbaik kami untuk pemulihan cepat bagi semua orang yang terluka."

Perdana Menteri Inggris, Rishi Sunak mentwit, "Semua pikiran kami dengan mereka yang saat ini menanggapi dan semua warga Korea Selatan pada saat yang sangat menyedihkan ini."

Seorang warga Norwegia dipastikan tewas dalam pertikaian itu, kata juru bicara kementerian luar negeri Norwegia, menolak untuk memberikan rincian usia atau identitas, dengan alasan kerahasiaan.

"Saya sangat terpukul dengan berita tentang insiden mengerikan sehubungan dengan perayaan Halloween di Seoul," kata Menteri Luar Negeri Norwegia Anniken Huitfeldt dalam sebuah pernyataan.

"Belasungkawa terdalam saya kepada keluarga dan teman-teman yang kehilangan orang yang mereka cintai. Pikiran saya bersama mereka yang terkena dampak tragedi ini," tambahnya.

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau juga mentwit, "Saya memikirkan semua orang yang terkena dampak tragedi ini, dan berharap pemulihan yang cepat dan penuh bagi mereka yang terluka."

Sumber: Reuters

KEYWORD :

Tragedi Itaewon Halloween Korban Jiwa Korea Selatan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :