Jum'at, 19/04/2024 01:51 WIB

Pejabat Kesehatan China: Jangan Sentuh Orang Asing untuk Kurangi Risiko Cacar Monyet

Pejabat Kesehatan China: Jangan sentuh orang asing untuk kurangi risiko cacar monyet.

Tabung reaksi berlabel Monkeypox virus positive terlihat dalam ilustrasi ini yang diambil pada 23 Mei 2022. (Foto: REUTERS/Dado Ruvic)

JAKARTA, Jurnas.com - Pejabat kesehatan senior China menyarankan orang untuk menghindari kontak fisik dengan orang asing untuk mencegah kemungkinan infeksi monkeypox (cacar monyet) setelah kasus virus pertama yang diketahui di daratan China dilaporkan pada Jumat (16/9).

"Untuk mencegah kemungkinan infeksi cacar monyet dan sebagai bagian dari gaya hidup sehat kita, disarankan agar Anda tidak melakukan kontak kulit langsung dengan orang asing," Wu Zunyou, kepala ahli epidemiologi di Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit China mengunggah di halaman Weibo resminya pada Sabtu, seperti dikutip dari Reuters.

Wu juga meminta orang-orang untuk menghindari kontak kulit-ke-kulit dengan orang-orang yang telah berada di luar negeri dalam tiga minggu terakhir serta semua orang asing.

"Perlu dan sangat penting untuk memperkuat pengawasan dan pencegahan epidemi cacar monyet di tingkat sosial," tulisnya.

Unggahan tersebut dibagikan secara luas di media sosial selama akhir pekan, tetapi kolom komentarnya dinonaktifkan pada Minggu dan pada dini hari Senin di Beijing.

Beberapa, yang mengomentari versi yang diteruskan atau tangkapan layar dari unggahan tersebut, mempertanyakan mengapa orang asing di Tiongkok, yang banyak di antaranya adalah penduduk jangka panjang dan belum pergi baru-baru ini karena hambatan COVID-19, dianggap lebih berbahaya daripada penduduk setempat.

Wu tidak segera menanggapi permintaan Reuters untuk mengomentari hal ini yang dikirim ke akun media sosialnya pada  Senin.

Kota barat daya Chongqing mencatat infeksi virus cacar monyet pada Jumat pada seseorang yang tiba dari luar negeri, menandai infeksi cacar monyet pertama yang diketahui di daratan China di tengah wabah global virus baru-baru ini.

Risiko penularannya rendah karena individu tersebut dikarantina setibanya di Chongqing, kata komisi kesehatan kota dalam sebuah pernyataan. Semua kontak dekat diisolasi dan ditempatkan di bawah pengawasan medis.

Sekitar 90 negara di mana cacar monyet tidak endemik telah melaporkan wabah penyakit virus, yang telah dinyatakan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebagai darurat kesehatan global.

Ada lebih dari 60.000 kasus yang dikonfirmasi dan beberapa negara non-endemik telah melaporkan kematian terkait pertama mereka.

KEYWORD :

Orang Asing Monkeypox Cacar Monyet China




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :