Rabu, 17/04/2024 02:42 WIB

Korsel Pulangkan 88 Jenazah Tentara Perang Korea ke China

Korsel Pulangkan 88 Jenazah Tentara Perang Korea ke China

Puluhan jenazah tentara China dipulangkan (Foto: AFP)

Seoul, Jurnas.com - Korea Selatan memulangkan 88 jenazah tentara China yang tewas selama Perang Korea, pada Jumat (16/9). Ini merupakan upacara pertama sejak Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol menjabat pada Mei lalu.

Penjaga kehormatan Korea Selatan menyerahkan peti mati kayu berisi jenazah dalam upacara di bandara Incheon, Seoul. Puluhan jenazah itu dimuat ke pesawat kargo angkatan udara China.

Jenazah diterima beberapa jam kemudian di kota Shenyang, timur laut China dalam sebuah upacara militer yang dihadiri oleh para veteran China dari konflik tiga tahun itu.

Dikutip dari AFP, ini adalah penyerahan kesembilan sejak kedua negara menandatangani perjanjian tahun 2014 tentang masalah ini, dan menjadikan total set jenazah tentara China yang dikembalikan menjadi 913.

Pemulangan ini juga menjadi yang pertama terjadi sejak pelantikan Yoon, yang berusaha mempertahankan hubungan persahabatan dengan Beijing, bahkan ketika Yoon memperdalam hubungan dengan Amerika Serikat (AS).

"Serah terima tahunan kami dari sisa-sisa pasukan China diadakan atas dasar kemanusiaan, tetapi juga melambangkan kerja sama persahabatan antara Korea Selatan dan China," kata Lee Do-hoon, Wakil Menteri Luar Negeri kedua Korea Selatan.

Lee menambahkan kedua negara akan mengejar "beragam bentuk" kerja sama, karena mereka menandai 30 tahun sejak hubungan diplomatik bilateral terjalin.

China melakukan intervensi di pihak Korea Utara selama Perang Korea 1950-53, yang dikenal di China sebagai Perang untuk Menolak Agresi AS dan Membantu Korea.

Diperkirakan tiga juta tentara China bertempur bersama pasukan Pyongyang, dan membantu menyeimbangkan konflik.

Intervensi Beijing menyelamatkan Korea Utara dari kekalahan dan mendorong pasukan PBB yang dipimpin AS kembali melintasi paralel ke-38, sebelum perang berakhir dengan jalan buntu yang berlanjut hingga hari ini.

Angka korban masih diperdebatkan, tetapi perkiraan Barat umumnya menyebutkan angka 400.000 kematian tentara China, sementara sumber-sumber China menyebutkan jumlah korban tewas sekitar 180.000.

KEYWORD :

Jenazah Tentara China Korsel Perang Korea




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :