Sabtu, 27/07/2024 12:56 WIB

Penembak di Bandara Florida, Delapan Orang Tewas

Tersangka melepaskan tembakan di area pengambilan bagasi di Terminal 2 saat penumpang mengumpulkan barang-barang mereka.

Esteban Santiago saat ditangkap aparat bandara Florida

Florida - Seorang pria berusia 26 tahun, Esteban Santiago, veteran perang Irak ditahan dan diyakini sebagai pelaku yang melakukan penembakan di Bandara Fort Lauderdale, Florida, AS yang menewaskan lima orang dan melukai delapan orang.  telah ditahan oleh kepolisian setempat.

Motif di balik penembakan sedang diselidiki, tetapi para pejabat mengatakan dia kemungkinan bertindak sendirian. Media terbitan AS mengatakan pria itu kemungkinan mengalami gangguan mental. Dia dilaporkan mengatakan pemerintah telah mengendalikan pikirannya dan membuatnya menonton video jihad.

Tersangka melepaskan tembakan di area pengambilan bagasi di Terminal 2 saat penumpang mengumpulkan barang-barang mereka. Saksi mata mengatakan dia berjalan mendekati kerumunan dan tidak mengatakan apa-apa saat dia memuntahkan tembakan. dilansir bbc, sebagian penumpang kemudian menyelamatkan diri dengan menjauhi pelaku penembakan atau bersembunyi.

Seorang saksi mengatakan, setelah mengeluarkan tembakan yang menewaskan lima orang dan melukai delapan orang, dia menyerahkan diri ke polisi ketika dirinya kehabisan peluru. Tersangka, yang mengenakan kaos Star Wars, berangkat dari Alaska kemudian singgah di Minnesota dan akhirnya tiba di Fort Lauderdale.

Kementrian Pertahanan AS mengatakan tersangka adalah mantan Penjaga Nasional Alaska dan Puerto Rico yang bertugas di Irak sejak April 2010 hingga Februari 2011. Dia kemudian diberhentikan pada Agustus 2016 dengan alasan kinerja yang tidak memuaskan.

Serangan ini merupakan yang terbaru dalam serangkaian penembakan massal di Amerika Serikat dalam beberapa tahun terakhir, di mana pelakunya mengaku terinspirasi kelompok jihad, bertindak sendiri atau terganggu mentalnya.

Tahun lalu, dalam penembakan terburuk dalam sejarah AS, seorang pria, yang sepertinya terinspirasi oleh kelompok militan yang menamakan diri Negara Islam, telah menewaskan 49 orang di sebuah klub gay di Orlando, Florida.

KEYWORD :

Penembakan Florida Esteban Santiago




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :