Minggu, 12/05/2024 03:45 WIB

Kupu-kupu Raja Masuk Daftar Hewan Terancam Punah

Kupu-kupu Raja Masuk Daftar Hewan Terancam Punah

Kupu-kupu raja masuk daftar hewan terancam punah (Foto: AP)

London, Jurnas.com - Kupu-kupu raja yang selama ini dikenali lewat corak oranye dan hitamnya yang ikonik, masuk dalam daftar hewan terancam punah. Pasalnya, ilmuwan menemukan bahwa jumlah kupu-kupu tersebut berkurang sangat cepat.

"Ini penurunan yang menghancurkan. Ini adalah salah satu kupu-kupu yang paling dikenal di dunia," kata Stuart Pimm, ahli ekologi di Duke University dikutip dari Associated Press pada Kamis (21/7).

Persatuan Internasional untuk Konservasi Alam menambahkan kupu-kupu raja yang bermigrasi untuk pertama kalinya ke dalam "daftar merah", yakni spesies yang terancam dan mengkategorikannya "terancam punah", yang merupakan dua kategori sebelum dinyatakan punah.

Kelompok ilmuwan tersebut memperkirakan bahwa populasi kupu-kupu raja di Amerika Utara menurun antara 22-72 persen selama 10 tahun, tergantung pada metode pengukurannya.

"Yang kami khawatirkan adalah tingkat penurunannya," ungkap Nick Haddad, ahli biologi konservasi di Michigan State University.

"Sangat mudah untuk membayangkan betapa cepatnya kupu-kupu ini bisa menjadi lebih terancam," lanjut dia.

Haddad, yang tidak terlibat langsung dalam daftar tersebut, memperkirakan populasi kupu-kupu raja yang dipelajarinya di Amerika Serikat bagian timur telah menurun antara 85-95 persen sejak tahun 1990-an.

Di Amerika Utara, jutaan kupu-kupu raja melakukan migrasi terpanjang dari semua spesies serangga yang dikenal sains.

Setelah musim dingin di pegunungan Meksiko tengah, kupu-kupu bermigrasi ke utara, berkembang biak beberapa generasi di sepanjang jalan sejauh ribuan mil. Keturunan yang mencapai Kanada selatan kemudian memulai perjalanan kembali ke Meksiko pada akhir musim panas.

"Ini benar-benar tontonan dan memicu kekaguman," terang Anna Walker, ahli biologi konservasi di New Mexico BioPark Society, yang terlibat dalam penentuan daftar baru tersebut.

Kelompok yang lebih kecil menghabiskan musim dingin di pesisir California, kemudian menyebar di musim semi dan musim panas di beberapa negara bagian di sebelah barat Pegunungan Rocky.

KEYWORD :

Kupu-kupu Raja Terancam Punah Hewan Langka




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :