Sabtu, 02/07/2022 03:44 WIB

DPR Minta Kemendagri Siapkan Aturan Strategis Plt Kepala Daerah

Soal Plt Kepala Daerah, Kemendagri perlu mempersiapkan aturan secara strategis dan kita berharap penunjukan kepala daerah sudah ditentukan dengan regulasi baru yang tentu sudah matang.

Anggota Komisi II DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat, Anwar Hafid. (Foto: Dok. Jurnas.com)

Jakarta, Jurnas.com - Pemerintah dalam hal ini Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) masih memiliki sejumlah pekerjaan rumah menjelang penunjukan Kepala Daerah. Kemendagri juga harus harus berhati-hati dan mempertimbangkan secara matang dalam menentukan Plt Kepala Daerah.

Demikian diutarakan Anggota Komisi II DPR RI Anwar Hafid di Media Center Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (23/6).

Oleh karena itu, menurut dia, Kemendagri perlu mempersiapkan regulasi tersebut secara terukur dan terarah supaya bisa berjalan lancar.

"Soal Plt Kepala Daerah, Kemendagri perlu mempersiapkan aturan secara strategis dan kita berharap penunjukan kepala daerah sudah ditentukan dengan regulasi baru yang tentu sudah matang," kata Anwar Hafid.

Politikus Demokrat ini menjelaskan, kriteria yang perlu disiapkan untuk Plt Kepala Daerah tersebut harus mengetahui seluk beluk daerah tersebut. Sebab, setiap daerah memiliki karakteristik masyarakat dan daerah yang heterogen.

Selain itu, lanjut Anwar Hafid, calon Plt Kepala Daerah juga minimal harus mengetahui tata kelola dalam menjalankan roda pemerintahan di setiap daerah.

"Jadi perlu tahu cara menjalankan Pemerintahan yang normal, kemudian mempersiapkan Pilkada untuk 2024," tuturnya.

Menutup pernyataanya, Politisi asal Morowali tersebut menyatakan bila Plt Kepala Daerah harus mengetahui potensi wilayah masing-masing daerah.

Anwar yang merupakan Mantan Kepala Daerah mengakui bila menjalankan tugas sebagai kepala daerah merupakan tantangan tersendiri.

“Tentu Kepala Daerah harus mempunyai langkah strategis untuk menjalankan sebuah roda pemerintahan daerah supaya semua dapat berjalan lancar. Kita tahu tugas ini tidak mudah jadi perlu perhitungan supaya tidak sulit dalam menjalankan tugas nantinya," pungkasnya.

 

TAGS : Warta DPR Komisi II Demokrat Anwar Hafid Plt Kepala Daerah




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :