Jum'at, 26/04/2024 02:39 WIB

Kementerian ESDM Sebut Cadangan Timah Indonesia Terbesar ke-2 Dunia

Kementerian ESDM sebut cadangan Timah Indonesia terbesar ke-2 dunia

Dirjen Minerba Kementerian ESDM, Ridwan Djamaluddin. (Foto istimewa)

Jakarta, Jurnas.com - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (Kementerian ESDM) menyatakan Indonesia memiliki peran penting dalam menyediakan bahan baku timah global. Pasalnya, cadangan timah Indonesia adalah terbesar ke-2 di seluruh dunia.

Dirjen Minerba Kementerian ESDM, Ridwan Djamaluddin, mengatakan total cadangan timah Indonesia saat ini mencapai 800.000 ton, atau sekitar 17 persen dari total cadangan timah dunia.

"Timah kita nomor 2 di dunia. Nomor satu itu China, tidak ada yang bisa lawan China. Cadangan kita timah ada 800.000 ton," ujar Ridwan Djamaludin, dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi VII, Selasa (21/6/2022).

Lebih lanjut, secara total, cadangan timah dunia berjumlah 4,7 juta ton. Kontribusi cadangan timah China terhadap total cadangan dunia ialah 23 persen, sementara Brazil 15 persen dan Australia 8 persen.

Saat ini, 91 persen cadangan timah berada di Kepulauan Bangka Belitung. Ridwan mengatakan, berdasarkan catatan Kementerian ESDM, saat ini terdapat 482 Izin Usaha Pertambangan (IUP) timah. Sebanyak 2 IUP eksplorasi dan 480 IUP operasi produksi. "Namun tidak semua IUP ini aktif beroperasi," ujar Ridwan.

 

KEYWORD :

Kementerian ESDM Ridwan Djamaluddin cadagang timah




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :