Minggu, 28/04/2024 01:47 WIB

Obama Usir Diplomat Rusia dari Amerika

AS akan memberikan sanksi pada Rusia karena dianggap telah melakukan serangan cyber selama masa pemilihan presiden AS yang dimenangkan Donald Trump.

Barack Obama

New York - Presiden Amerika Serikat yang akan mengakhiri masa jabatannya, mengusir 35 diplomat Rusia dari Washington dan menutup dua kompleks di NewYork dan Maryland.

Bahkan, para diplomat  tersebut diberi waktu 72 jam meninggalkan AS. Sementara, akses terhadap dua kompleks Rusia tidak boleh dimasuki oleh pejabat Rusia pekan lalu.  "Tindakan ini diambil merespons apa yang dilakukan Rusia terhadap diplomat Amerika dan aksi diplomat yang tidak konsisten dengan praktek diplomatik," ujar Obama.

Selain sanksi tersebut, dilansir AFP, Amerika juga memberikan sanksi ekonomi dengan membekukan aset dan menghentikan sistem finansial dua agen intelijen Main Intelligence Directorate (GRU) dan Federal Security Service (FSB).

Sebelumnya dilaporkan, AS akan memberikan sanksi pada Rusia karena dianggap telah melakukan serangan cyber selama masa pemilihan presiden AS yang dimenangkan Donald Trump. Rusia dituding agen intelijen AS,  sebagai dalang di balik serangan cyber terhadap AS, seperti membocorkan berbagai informasi untuk membantu kemenangan Trump. Tudingan ini dibantah Rusia.

Di sisi lain, Presiden Rusia Vladimir Putin memutuskan tidak melakukan pengusiran sebagai balasan dengan menyatakan akan mempertimbangkan tindakan presiden terpilih AS Donald Trump, yang mulai menjabat pada 20 Januari 2017, saat muncul keputusan atas kebijakan lebih lanjut dalam kerangka hubungan Rusia-AS.

KEYWORD :

Usir Diplomat Rusia Barack Obama




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :