Kamis, 02/05/2024 12:50 WIB

Aksesoris

Perhatikan Lima Hal Ini Saat Memilih Audio

Selain kondisi mobil yang fit, kenyamanan mengendarai mobil, kurang lengkap tanpa mendengarkan musik. Terlebih di tengah kemacetan dan saat melakukan perjalanan jauh.

Perangkat audio mobil / Yogi

Jakarta – Selain kondisi mobil yang fit, kenyamanan mengendarai mobil, kurang lengkap tanpa mendengarkan musik. Terlebih di tengah kemacetan dan saat melakukan perjalanan jauh.

Menurut Agung, Manager Toko Car Audio, di MGK Kemayoran, Jakarta, hiburan seperti musik atau menonton film di dalam mobil memiliki banyak manfaat bagi seluruh penumpang.

“Suasana akan terasa hening dan hampa bila mengemudi tanpa mendengarkan alunan musik. Apalagi kalau lalu lintas macet, pastinya bakal menimbulkan stress dan kejenuhan selama perjalanan,” ucap pria 38 tahun ini kepada Jurnas.com, Sabtu (31/12).

Untuk mengindari hal seperti itu, kata Agung, disarankan setiap mobil memiliki perangkat audio supaya dapat mengibur.

“Saat ini banyak sekali produk audio di pasaran, mulai dari merk China, Taiwan, Eropa, dan Amerika. Konsumen dapat bebas memilih perangkat audio sesuai selera masing-masing,” paparnya.

Namun menurut pria murah senyum ini, dalam memilih audio atau perangkat unit tambahan, konsumen harus benar-benar teliti sebeum membeli. Pasalnya dari merek yang beredar tersebut tak sedikit ada yang imitasi alias KW sehingga harganya jauh lebih murah dari harga sebenarnya.

“Sebaiknya konsumen pilih produk terpercaya yang memberikan jaminan atau garansi,” jelas Agung.

Tak hanya itu saja, langkah selanjutnya saran Agung adalah pada saat pemasangan instalasi juga harus dengan benar dan sesuai. Mulai dari head unit, speaker, kabel, subwofer sampai dengan box-nya sehingga nantinya tidak menimbulkan storing atau suara mesin masuk ke dalam speaker ketika sedang melaju.

Berikut lima trik ringan saat memilih perangkat audio:

  1. Sesuaikan dengan anggaran atau budget yang ada.
  2. Produk yang dibeli mempunyai layanan after sales atau garansi resmi.
  3. Pilih merk terpercaya, sebab hal ini menentukan kualitas suara.
  4. Pahami jenis musik yang akan di dengar, SPL atau SQL.
  5. Bila meng-upgrade dengan biaya minim, disarankan mulai dari speaker depan kemudian head unit, disusul subwoofer, dan terakhir kabel. [yog]

 

 

KEYWORD :

Audio Musik Audio Mobil




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :