Kamis, 11/08/2022 19:31 WIB

Gus Halim Hadiri Sidang Promosi Doktor Ilmu Biologi UI

Kesimpulan pembahasan paripurna dari Disertasi Abdul Basith diuraikan bahwa 100 persen ikan kerapu Pulau Madura berhasil diidentifikasi hingga tingkat genus dan 83,9 persen berhasil diidentifikasi hingga tingkat spesies menggunakan morfologi.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar menghadiri sidang promosi doktor Abdul Basith di Gedung C Fakultas MIPA Universitas Indonesia, Rabu (9/6/2022). (Foto: Humas Kemendes PDTT)

Jakarta, Jurnas.com - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar menghadiri sidang promosi doktor Abdul Basith dengan judul Disertasi Kajian Morfologi, Autentifikasi Molekuler, Perkiraan Waktu Divergensi, dan Struktur Generik Populasi Ikan Kerapu dari Kawasan Perairan Pulau Madura di Gedung C Fakultas MIPA Universitas Indonesia, Rabu (9/6/2022).

Promotor Disertasi ini adalah Dr Abinawanto, MSi dengan Ko-Promotor Dr Eni Kusrini, MSi dan Dr rer.nat Yasman, MSc.

Kesimpulan pembahasan paripurna dari Disertasi Abdul Basith diuraikan bahwa 100 persen ikan kerapu Pulau Madura berhasil diidentifikasi hingga tingkat genus dan 83,9 persen berhasil diidentifikasi hingga tingkat spesies menggunakan morfologi.

Sebanyak 67,7 persen spesimen ikan kerapu telah diidentifikasi menggunakan parsial sekuen gen CO1, namun 10 spesimen atau 32,2 persen tidak berhasil diidentifikasi.

Abdul Basith dinyatakan lulus setelah mampu mempertahankan Disertasinya dan resmi menyandang gelar akademik Doktor.

Gus Halim, sapaan akrabnya, merasa bersyukur bisa menghadiri sidang promosi Abdul Basith.

"Saya bersyukur bisa hadir menyaksikan prestasi yang luar biasa dan perjuangan enam tahun untuk meraih gelar Doktor," kata Doktor Honoris Causa (HC) dari UNY ini.

Setengah berkelakar, Gus Halim mengatakan dirinya tidak mampu membayangkan usaha Basith hingga raih Doktor bidang Biologi.

"Makanya saya cukup dengan HC saja dan ini saya banggakan kemana-mana," kata Gus Halim yang disambut tawa yang hadir.

"Saya ucapkan selamat atas keberhasilan yang diraih hari ini dan menjadi kebanggan bagi keluarga," kata Mantan Ketua DPRD Jawa Timur ini.

Gus Halim juga mengucapkan terima kasih atas dukungan keluarga besar Universitas Indonesia.

"Kami juga mohon restu agar Abdul Basith terus diberikan kekuatan lahir batin untuk mengabdikan diri kepada bangsa dan negara," kata Gus Halim.

Gus Halim pun memberikan pantun yang ditujukan kepada Promotor dan Penguji

Punya Kekasih Namanya Mbak Puji
Hobinya Bikin Renda dan Makan Roti
Terima Kasih Para Promotor dan Penguji
Dukungan Anda Sangat Berarti

Abdul Basith yang kesehariannya menjadi Dosen di Universitas Nadhlatul Ulama Indonesia ini menjadi Lulusan Program Doktor ke 207 di Fakultas MIPA dan lulusan ke-52 untuk Ilmu Biologi.

Turut hadir Wakil Ketua DPR Abdul Muhaimin Iskandar, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UI Prof Dr Abdul Haris, Civitas Akademika FMIPA UI, dan Keluarga Besar Abdul Basith.

TAGS : Kemendes PDTT Abdul Halim Iskandar Disertasi Doktor Universitas Indonesia




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :