Sabtu, 02/07/2022 00:34 WIB

WHO: Tidak Perlu Vaksinasi Massal Hadapi Cacar Monyet

WHO sebut Tidak Perlu Vaksinasi Massal Hadapi Cacar Monyet

Logo Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) (Foto: Reuters)

Jakarta - Seorang pejabat senior Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan tidak perlu vaksinasi massal terhadap virus cacar monyet yang saat ini melanda beberapa bagian dunia.

Dr. Sylvie Briand, direktur kesiapsiagaan dan pencegahan epidemi dan pandemi di WHO, berbicara pada pengarahan khusus untuk negara-negara anggota organisasi di Majelis Kesehatan Dunia ke-75 tentang “Wabah Cacar Monyet Multi-Negara.”

“Ini penyakit zoonosis, artinya ditularkan dari hewan. Tapi sayangnya kita belum tahu, hewan reservoirnya apa untuk virus ini,” ujarnya.

Briand mengatakan penyakit ini endemik di lebih dari sembilan negara di Afrika, di mana ada wabah dalam beberapa tahun terakhir.

“Sejauh ini kita sudah imbau tidak perlu vaksinasi massal, dan tidak perlu kampanye imunisasi besar-besaran,” tambahnya.

Dia mencatat bahwa hampir 200 kasus sejauh ini telah dilaporkan di seluruh dunia, dan mengatakan bahwa jumlahnya dapat meningkat dalam beberapa hari mendatang karena ini adalah “awal dari peristiwa ini.”

“Kami tidak merekomendasikan larangan atau pembatasan perjalanan dan kami perlu terus berkomunikasi tentang apa yang kami tahu apa yang sedang dilakukan, dan benar-benar meyakinkan publik. Intinya adalah kita hanya perlu mengambil tindakan yang tepat,” tambah pejabat WHO itu.

TAGS : WHO Cacar Monyet Vaksinasi




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :