Rabu, 24/04/2024 11:14 WIB

Mobil

Mengintip Keistimewaan Sport Car BMW i8

Bukan tanpa alasan BMW `berani` menantang Tesla yang selama ini menguasai segmen mobil ramah lingkungan. Kesuksesan BMW i8 di sejumlah negara membuat BMW pede melawan Tesla. Seperti apa keunggulan BMW i8?

BMW i8 GIIAS 2016 / Yogi

Jakarta – Pabrikan mobil BMW sepertinya tak ingin ketinggalan dengan produsen mobil listrik asal Amerika, Tesla. Bukan tanpa alasan jika BMW `berani` menantang Tesla yang selama ini menguasai segmen mobil ramah lingkungan berperforma tinggi.

Sebut saja model BMW i8 yang telah sukses di sejumlah negara. Hal inilah yang menjadi modal BMW semakin ‘pede’ untuk melawan Tesla.

Di Indonesia, kehadiran BMW i8 telah dua kali menyita perhatian publik melalui penampilannya di perhelatan di IIMS 2014 dan GIIAS pada Agustus 2016. Lantas keunggulan utama apa yang ditawarkan dari BMW I8?

Sebagai model terbaru dari sub-brand BMW I, mobil ini dijuluki Most Progressive Sports di dunia. BMW i8 diklaim merupakan wujud interpretasi revolusioner yang fokus untuk masa depan dalam berkendara.

Sports car canggih BMW ini menggabungkan sistem plug-in hybrid. Kabin penumpang terbuat dari carbon-fibre-reinforced plastic (CFRP) dan mesin terbuat dari kerangka aluminium. Dengan komposisi kursi 2+2, BMW i8 memiliki dimensi 4,689 mm, lebar 1,942 mm, dan tinggi 1,297 mm.

Meski tampil dengan kesan bongsor, namun mesin yang digendong BMW i8 sangat kompak, yakni 1.5-liter 3 silinder twin-turbocharged, yang dipadukan dengan motor listrik.

Perpaduan kedua dapur pacu tersebut menghasilkan tenaga total 362 PS dan torsi 570 Nm. Untuk mesin bensin menghela daya 131 HP dan torsi 250 Nm, yang disalurkan via transmisi matik enam percepatan ke roda belakang. Sedangkan tenaga dari motor listrik didistribusikan ke roda depan.

Berkat seabrek teknologi terkini dan bobot ringan, BMW i8 mampu melaju dari 0-100 km per jam dalam waktu 4,4 detik dan kecepatan puncaknya dibatasi secara elektronik di angka 250 km per jam.

Selain itu, keunggulan utama BMW i8 adalah tingkat efisiensi bahan bakarnya, yang mampu menempuh jarak 48 km hanya cukup satu liter bensin dengan jarak tempuh maksimal 500 km serta pengisian penuh baterai. Namun bila memacu mobil ini dengan agresif, maka efisiensi BBM diklaim turun menjadi 20 km per liter. [yog]

 

 

KEYWORD :

BMW i8 Mobil BMW BMW Hybrid




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :