Rabu, 06/07/2022 08:02 WIB

Ada Alfabet Rusia di Bola Final Liga Champions, Apa Maknanya?

Ada Alfabet Rusia di Bola Final Liga Champions, Apa Maknanya?

Bola final Liga Champions tahun ini (Foto: Goal)

Jakarta, Jurnas.com - Adidas akhirnya meluncurkan bola khusus final Liga Champions musim 2021/2022, yang sudah menjadi tradisi di tahun-tahun sebelumnya. Kali ini, partai puncak kembali akan mempertemukan Real Madrid dan Liverpool, mengulang final 2018 silam.

Ada yang menarik dari bola final Liga Champions musim ini. Di sisi bola yang didominasi oleh warna putih dan silver itu terdapat tulisan `мир` dalam aksara Kiril, alfabet yang umumnya digunakan oleh bangsa Kaukasus, Asia Tengah, Eropa Timur, dan Asia Utara. Termasuk pula, Rusia dan Ukraina yang kini sedang berperang.

Kata `мир` tersebut dalam bahasa Slavia bermakna `Dunia`. Sehingga, jika dipadukan dengan tulisan `Peace` yang ada di bawahnya, maka dapat diartikan `world peace` atau perdamaian dunia. Pesan ini ditujukan supaya perang antara Rusia dan Ukraina segera berakhir.

Selain itu, keunikan bola ini adalah kebijakan dari Adidas sendiri. Adidas memastikan bola tersebut tidak akan diperjualbelikan di pasaran. Sebab, bola yang telah digunakan di pertandingan akan dikirim ke lembaga pelelangan. Hasilnya, akan disumbangkan ke badan pengungsi PBB.

"Sepanjang sejarahnya, kecintaan terhadap game telah menyatukan orang-orang dari seluruh dunia melalui satu objek sederhana, sepak bola. Kami bersemangat lebih dari sebelumnya untuk mendukung para pemain dan klub luar biasa yang meningkatkan platform ini untuk kemajuan permainan, dan dunia terutama di tingkat akar rumput," kata Global Director of Brand Communications for Communities and Culture adidas, Gonzalo Calvo dikutip dari Goal pada Selasa (24/5).

Untuk diketahui, partai final Liga Champions 2021/2022 akan berlangsung di Paris, Prancis pada 29 Mei 2022 mendatang. Madrid berambisi menambah koleksi tropi Liga Champions. Sedangkan Liverpool memiliki misi balas dendam atas kekalahan 2018 silam.

TAGS : Alfabet Rusia Liga Champions Adidas Bola Final Abjad Kiril




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :