Selasa, 16/04/2024 14:11 WIB

AS akan Rilis Beberapa Dosis Vaksin Jynneos untuk Cacar Monyet

AS akan rilis beberapa dosis vaksin Jynneos untuk cacar monyet

Tabung reaksi berlabel Monkeypox virus positive terlihat dalam ilustrasi ini yang diambil pada 23 Mei 2022. (Foto: REUTERS/Dado Ruvic)

JAKARTA, Jurnas.com - Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), Amerika Serikat (AS) mengatakan sedang dalam proses merilis beberapa dosis vaksin Jynneos untuk digunakan dalam kasus cacar monyet (monkeypox).

Dikutip dari Reuters, pejabat CDC mengatakan ada lebih dari 1.000 dosis vaksin, yang disetujui di AS pada 2019, dalam persediaan nasional dan mereka memperkirakan tingkat itu akan meningkat dengan sangat cepat dalam beberapa minggu mendatang.

Jynneos, dibuat oleh Bavarian Nordic A/S, disetujui di AS untuk digunakan melawan cacar dan cacar monyet pada orang dewasa berisiko tinggi berusia 18 tahun ke atas.

Ada lebih dari 100 juta dosis vaksin cacar yang lebih tua, ACAM2000, yang memiliki beberapa efek samping yang signifikan, kata para pejabat kepada wartawan. ACAM2000 sebelumnya diproduksi oleh Sanofi dan sekarang dibuat oleh Emergent BioSolutions.

"Saat ini kami berharap untuk memaksimalkan distribusi vaksin kepada mereka yang kami tahu akan mendapat manfaat darinya," kata Kapten Jennifer McQuiston, wakil direktur Divisi Patogen dan Patologi Konsekuensi Tinggi CDC.

"Jadi mereka adalah orang-orang yang pernah melakukan kontak dengan pasien cacar monyet yang diketahui, petugas kesehatan, kontak pribadi yang sangat dekat, dan mereka yang mungkin berisiko tinggi terkena penyakit parah."

Ada satu kasus monkeypox yang dikonfirmasi - di Massachusetts - dan empat dugaan kasus tambahan, satu di New York City, satu di Florida dan dua di Utah.

Cacar monyet adalah virus yang dapat menyebabkan gejala termasuk demam, nyeri dan muncul dengan ruam bergelombang yang khas.

Organisasi Kesehatan Dunia mengatakan pada hari Senin bahwa mereka mengharapkan untuk mengidentifikasi lebih banyak kasus cacar monyet karena memperluas pengawasan di negara-negara di mana penyakit itu biasanya tidak ditemukan.

KEYWORD :

Vaksin Jynneos Cacar Monyet Monkeypox Amerika Serikat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :