Kamis, 18/04/2024 15:49 WIB

Dua Hari Berturut-turut Kasus Demam Korea Utara di Bawah 200.000

Orang-orang menonton TV yang menyiarkan laporan berita tentang wabah penyakit coronavirus (COVID-19) di Korea Utara, di stasiun kereta api di Seoul, Korea Selatan, 17 Mei 2022. (Foto file: REUTERS/Kim Hong-Ji)

JAKARTA, Jurnas.com - Kasus demam harian Korea Utara tetap di bawah 200.000 untuk hari kedua berturut-turut, media pemerintah mengatakan pada Senin (23/5), ketika Pyongyang tidak merespons tawaran Korea Selatan dan Amerika Serikat (AS) untuk membantu memerangi COVID-19.

Gelombang COVID-19 pertam, yang diumumkan pada 12 Mei, telah memicu kekhawatiran akan kurangnya vaksin, infrastruktur medis yang tidak memadai, dan potensi krisis pangan di negara berpenduduk 25 juta itu.

Presiden AS, Joe Biden mengatakan pada Sabtu pekan lalu bahwa Washington telah menawarkan vaksin COVID-19 ke China dan Korea Utara, tetapi tidak mendapat tanggapan.

Korea Utara melaporkan 167.650 pasien baru menderita demam pada Senin dan satu kematian lagi. Lebih dari 2,33 juta dari 2,81 juta kasus kumulatif yang dilaporkan sejak akhir April telah pulih pada Minggu malam. Korban tewas resmi mencapai 68.

Sementara tetap diam atas tawaran bantuan, Korea Utara telah membual tentang "perubahan yang menguntungkan" dalam situasi virus negara itu.

"Kesadaran krisis dan tanggung jawab lebih ditingkatkan di setiap wilayah, sektor, tempat kerja, dan pos di seluruh negeri untuk mempertahankan giliran yang menguntungkan dalam pekerjaan pencegahan epidemi dan semua penetrasi epidemi diperiksa melalui pelaksanaan penguncian dan blokade regional dan unit yang ketat. langkah-langkah," kata KCNA.

Pembatasan COVID-19 semacam itu mungkin memainkan peran dalam kurangnya tanggapan Korea Utara, kata seorang pejabat senior pemerintah AS pada hari Minggu.

Rupanya kekurangan pasokan pengujian, Korea Utara belum mengkonfirmasi jumlah total orang yang dites positif terkena virus corona. Sebaliknya, otoritas kesehatan melaporkan jumlah tersebut dengan gejala demam, sehingga sulit untuk menilai skala gelombang COVID-19, kata para ahli.

Pihak berwenang telah mendistribusikan makanan dan obat-obatan di seluruh negeri, dengan petugas medis militer dikerahkan untuk membantu mendistribusikan obat-obatan dan melakukan pemeriksaan.

KCNA mengatakan pabrik-pabrik farmasi "mempercepat produksi", tetapi tidak merinci obat-obatan mana yang diproduksi.

Sumber: Reuters

KEYWORD :

Korea Utara COVID-19 Demam Amerika Serikat Korea Selatan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :