Kamis, 07/07/2022 01:44 WIB

Senyum Manis Warga Desa di Balkonjazz Festival 2022, Sampai Bertemu Lagi

Balkonjazz Festival kedua sukses digelar dan mampu hidupkan ekonomi desa yang melibatkan warga.

Balkonjazz Festival 2022 hidupkan ekonomi pedesaan. (Foto: Jurnas/Ist).

Magelang, Jurnas.com- Fantastis dan Berkesan. Kalimat itu menandakan kesuksesan gelaran Balkonjazz Festival 2022 di venue Gasblock Balkondes PGN Karangrejo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, pada Sabtu (14/05/2022) siang hingga malam hari. Penonton puas dan warga sekitar di pedesaan merasakan kebangkitan ekonomi desa dengan hadirnya gelaran konser tahunan Balkonjazz Festival yang kedua ini.

Musisi lokal, remaja hingga ternama seperti Kahitna, Pamungkas, Rendy Pandugo, Adhitia Sofyan, Dere, Juicy Luicy, Raissa Anggaini, Coldiac, dan Megantoro hadir mengisi Balkonjazz Festival kedua ini dengan 1500 tiket yang terjual ludes.

"Warga merasakan dampak baiknya, mulai ojek, pedagang hingga pengelola homestay. Ada pemberdayaan masyarakat disini. Kami diuntungkan lewat Balkonjazz Festival. Warga jadi punya semangat untuk membangkitkan masing-masing titik desa. Kami senang dan warga pun tersenyum,” ungkap Heli Rofikun Lurah Karangrejo merespon gelaran Balkonjazz Festival 2022 di desanya ini.

Balkonjazz Festival yang menjadi bagian integral dari pelaksanaan komitmen ESG (Environmental, Social & Governance) yang ada di Pertamina Group, ini melibatkan banyak pihak demi menguatkan sinergi antar stakeholders. Karenanya, Balkonjazz Festival menjadi aktivitas nyata dalam mendukung dan mengembangkan ekonomi masyarakat mandiri yang ramah lingkungan.

Terutama membangun sinergi positif dalam upaya memperkuat dan mempercepat tumbuhnya ekonomi masyarakat yang mandiri. Demi penguatan ekonomi masyarakat di sekitar lokasi event.

Mengusung tagline The Energy That Heals, sebagaimanak dijelaskan founder Balkonjazz Festival Bakkar Wibowo, even ini dapat mendukung program pemerintah dalam upaya percepatan pemulihan industri hiburan kreatif, kampanye vaksinasi nasional, sekaligus mengawali geliat event di masa pandemi yang mulai melandai.

"Balkonjazz Festival 2022 ini adalah konser pertama yang digelar di kawasan Jawa Tengah dan Yogyakarta. Keterlibatan dan partisipasi masyarakat lokal adalah kunci," kata Bakkar Wibowo.

Karena itu, Bakkar Wibowo mengungkapkan, Balkonjazz Festival mampu menjadi ruang yang menghibur via penampilan para musisi terbaik, sekaligus juga menjadi pemantik mempromosikan potensi ekonomi, khususnya lokasi dimana diselenggarakan Balkonjazz Festival.

Terlebih lagi, kata Bakkar Wibowo, Borobudur sebagai salah satu dari lima (5) Destinasi Super Prioritas Indonesia, pengembangan pariwisatanya tidak hanya boleh terpusat pada satu tempat maupun wisata candi belaka. Sejalan dengan keberadaan Balkonjazz Festival yang masih dalam satu semangat yang sama untuk mengembangkan destinasi wisata di kawasan Borobudur.

“Kita akan teruskan Balkonjazz Festival ketiga untuk terus bangkitkan ekonomi desa. Sampai jumpa di Balkonjazz Festival mendatang,” tandas Bakkar Wibowo.

TAGS : Balkonjazz Festival Bakkar Wibowo Ekonomi Desa




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :