Kamis, 07/07/2022 03:17 WIB

DPR Minta Masyarakat Jangan Takut Berlebihan Hadapi Penyakit Hepatitis Akut

Bagaimana menyikapi itu salah satunya harus tahu, apa itu gejala dan tanda-tandanya, dan langkah pemerintah sudah tepat, sudah diumumkan ke media sosial, melalui media, apa itu tanda-tandanya.

Anggota Komisi IX DPR dari Fraksi PDIP, Rahmad Handoyo. (Foto: Dok. Jurnas.com)

Jakarta, Jurnas.com - Anggota Komisi IX DPR Rahmad Handoyo meminta pemerintah  untuk memberikan imbauan ke masyarakat guna mencegah penyebaran hepatitis akut yang marak belakangan.

Menurut dia, salah satu cara yang dapat dilakukan pemerintah dengan cara mengingatkan para orang tua tentang bahaya penyakit tersebut terhadap anak.

“Pertama ada bagaimana sikap kita terutama parlemen, kami berharap dan memohon walaupun itu sudah dilakukan oleh pemerintah agar kita dorong kepada pemerintah terkait dengan apa sih penyakit hepatitis ini, kita sampaikan ke seluruh masyarakat, terutama anak-anak kita, terkhusus orang tua kita,” terang dia dalam diskusi Dialektika Demokrasi di Media Center Parlemen, Senayan, Kamis (19/5).

Politikus PDIP ini menerangkan, apabila orang tua peduli terhadap penyakit tersebut, maka resiko penularan terhadap anak dapat terminimalisir.

“Bagaimana menyikapi itu salah satunya harus tahu, apa itu gejala dan tanda-tandanya, dan langkah pemerintah sudah tepat, sudah diumumkan ke media sosial, melalui media, apa itu tanda-tandanya,” terang Rahmad Handoyo.

Untuk itu, Rahmad Handoyo meminta masyarakat untuk mengenali gejala serta tanda-tanda penyakit hepatitis akut. Apabila sudah diketahui, maka sebaiknya langsung dilarikan ke rumah sakit dan fasilitas kesehatan.

“Saya meminta untuk lebih masif lagi kepada pemerintah pusat, pemerintah daerah, kepada seluruh fasilitas kesehatan untuk disampaikan apasih tanda-tandanya yang utama tentu enggak perlu panik dan takut serta berlebihan. Tetapi yang penting adalah seluruh warga, seluruh orang tua waspada dan pasang kuda-kuda terhadap penyakit ini, sehingga ketika ada tanda-tanda sedikit pun yang sudah diketahui oleh orang tua kita maka bawalah ke rumah sakit, itu dari sisi pengawasan kami selaku parlemen,” tandasnya.

 

 

TAGS : Warta DPR Rahmad Handoyo Komisi IX PDIP hepatitis kesehatan




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :