Jum'at, 26/04/2024 14:53 WIB

Perangi COVID-19, Korea Utara Tingkatkan Produksi Obat-obatan dan Pasokan Medis

Perangi COVID-19, Korea Utara tingkatkan produksi obat-obatan dan pasokan medis.

Orang-orang menonton TV yang menyiarkan laporan berita tentang wabah penyakit coronavirus (COVID-19) di Korea Utara, di stasiun kereta api di Seoul, Korea Selatan, 17 Mei 2022. (Foto file: REUTERS/Kim Hong-Ji)

JAKARTA, Jurnas.com - Korea Utara meningkatkan produksi obat-obatan dan pasokan medis termasuk alat sterilisasi dan termometer saat memerangi wabah virus corona yang belum pernah terjadi sebelumnya, kata media pemerintah KCNA, Kamis (19/5).

Negara yang terisolasi itu, yang telah memberlakukan penguncian secara nasional, juga meningkatkan produksi obat-obatan tradisional Korea yang digunakan untuk mengurangi demam dan rasa sakit, kata KCNA, menyebutnya "efektif dalam pencegahan dan penyembuhan penyakit berbahaya."

Gelombang COVID-19 yang meluas, yang pertama kali dikonfirmasi oleh Korea Utara minggu lalu, telah mengipasi kekhawatiran atas kurangnya sumber daya medis dan vaksin, dengan badan hak asasi manusia PBB memperingatkan konsekuensi "menghancurkan" bagi 25 juta orangnya.

Setidaknya 262.270 orang melaporkan gejala demam, dan satu orang tambahan meninggal pada Rabu malam, kata KCNA, mengutip data dari markas besar pencegahan epidemi darurat negara. Itu tidak menentukan berapa banyak orang yang dites positif terkena virus.

Korea Utara sejauh ini melaporkan 1.978.230 orang dengan gejala demam dan 63 kematian, dan memberlakukan tindakan anti-virus yang ketat.

Pabrik-pabrik memproduksi lebih banyak suntikan, obat-obatan, termometer, dan pasokan medis lainnya di ibu kota Pyongyang dan daerah-daerah sekitarnya dengan cara yang sangat cepat, sementara lebih banyak bangsal isolasi dipasang dan pekerjaan disinfeksi diintensifkan di seluruh negeri.

"Ribuan ton garam segera diangkut ke Kota Pyongyang untuk menghasilkan larutan antiseptik," kata KCNA.

Laporan itu muncul setelah pemimpin Korea Utara Kim Jong Un mengkritik distribusi obat-obatan yang tidak efektif dan mengecam para pejabat karena tanggapan mereka yang "tidak dewasa" terhadap epidemi tersebut.

Tanpa kampanye vaksinasi nasional dan pengobatan COVID-19, media pemerintah telah mendorong pasien untuk menggunakan obat penghilang rasa sakit dan antibiotik serta pengobatan rumahan yang belum diverifikasi, seperti berkumur dengan air garam, atau minum teh lonicera japonica atau teh daun willow.

Korea Selatan dan Amerika Serikat (AS) masing-masing telah menawarkan untuk membantu Korea Utara memerangi wabah tersebut, termasuk mengirim bantuan, tetapi belum menerima tanggapan, kata wakil penasihat keamanan nasional Seoul, Rabu.

Namun, tiga pesawat dari Air Koryo Korea Utara tiba di China dan kembali ke Pyongyang pada Senin dengan membawa pasokan medis, kata seorang sumber diplomatik tanpa menyebut nama.

Sumber: Reuters

KEYWORD :

COVID-19 Korea Utara Pasokan Medis Amerika Serikat Korea Selatan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :