Jum'at, 26/04/2024 05:16 WIB

AS Isyaratkan Uji Rudal Korea Utara Selama Lawatan Biden ke Asia

AS peringatkan kemungkinan Korea Utara uji rudal selama Biden ke Asia

auto_awesome Terjemahkan dari: Indonesia 654 / 5.000 Hasil terjemahan Foto ini disediakan oleh pemerintah Korea Utara, menunjukkan apa yang dikatakan peluncuran uji coba rudal hipersonik di Korea Utara Rabu, 5 Januari 2022. (KCNA via KNS)

JAKARTA, Jurnas.com - Intelijen Amerika Serikat (AS) menunjukkan kemungkinan bakal ada uji coba nuklir Korea Utara, atau uji coba rudal, atau keduanya, sebelum, selama atau setelah perjalanan Presiden Joe Biden ke Korea Selatan dan Jepang mulai minggu ini.

"Kami sedang mempersiapkan segala kemungkinan, termasuk kemungkinan bahwa provokasi seperti itu akan terjadi saat kami berada di Korea atau di Jepang," kata Penasihat Keamanan Sasional AS, Jake Sullivan dalam pengarahan di Gedung Putih, Rabu (18/5).

Sullivan mengatakan, AS berkoordinasi erat dengan Korea Selatan dan Jepang mengenai masalah ini dan juga telah membahas Korea Utara dengan rekannya dari China ,Yang Jiechi tentang Korea Utara dalam panggilan telepon pada  Rabu.

"Kami telah menunjukkan dengan cukup jelas bahwa intelijen kami mencerminkan kemungkinan asli bahwa akan ada uji coba rudal lebih lanjut, termasuk uji coba rudal jarak jauh, atau uji coba nuklir, atau terus terang keduanya, pada hari-hari menjelang, pada , atau setelah kunjungan presiden ke wilayah tersebut," kata Sullivan.

Ia mengatakan, AS siap melakukan penyesuaian jangka pendek dan panjang terhadap sikap militer sebagaimana diperlukan "untuk memastikan, kami memberikan pertahanan dan pencegahan kepada sekutu kami di kawasan itu dan kami menanggapi setiap provokasi Korea Utara."

Juru bicara Gedung Putih, Karine Jean-Pierre mengatakan pada pengarahan yang sama Biden tidak akan mengunjungi Zona Demiliterisasi (DMZ) yang membagi Korea Utara dan Selatan selama kunjungannya ke Korea Selatan, yang dimulai pada hari Jumat.

Gedung Putih mengatakan pekan lalu Biden sedang mempertimbangkan perjalanan semacam itu. "Dia tidak akan mengunjungi DMZ ... tidak dalam perjalanan ini," kata Jean-Pierre.

Sumber: Reuters

KEYWORD :

Joe Biden ke Korea Selatan Korea Utara Uji Coba Rudal Jepang




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :