Kamis, 07/07/2022 02:07 WIB

Dirjen Diktiristek Tinjau UTBK Hari Kedua di UI dan UNJ

Nizam mengapresiasi pimpinan perguruan tinggi atas terselenggaranya UTBK di berbagai wilayah Indonesia

Plt Dirjen Diktiristek Nizam meninjau pelaksanaan UTBK di UI dan UNJ (Foto: Muti/Jurnas.com)

Jakarta, Jurnas.com - Plt Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Diktiristek) Kemdikbudristek, Nizam, meninjau pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Gelombang I di Universitas Indonesia kampus Salemba, dan Universitas Negeri Jakarta (UNJ) pada Rabu (18/5).

Usai berkeliling di lokasi pelaksanaan, Nizam mengapresiasi pimpinan perguruan tinggi atas terselenggaranya UTBK di berbagai wilayah Indonesia, kendati harus melakukan sejumlah adaptasi di tengah pandemi Covid-19.

Dia menyebut pelaksanaan UTBK Gelombang I pada hari pertama berjalan lancar. Karena itu, dia berharap hari-hari selanjutnya juga tidak ada kendala.

"Dua tahun ini kita sudah semakin beradaptasi. Semoga UTBK kali ini kita juga aman dari kasus Covid-19. Selain itu, kami berharap anak-anak terseleksi dengan baik dan tidak ada kasus perjokian," kata Nizam kepada awak media.

"Kami juga mengapresiasi seluruh pimpinan perguruan tinggi yang sudah menyelenggarakan UTBK. Apresiasi juga untuk LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi), yang siap menyelesaikan berbagai macam masalah di lapangan," imbuh dia.

Ketua Pelaksana Eksekutif LTMPT, Budi Prasetyo mengungkapkan tahun ini jumlah peserta UTBK Gelombang I dan II mencapai 800 ribuan orang. Sebanyak 531.709 mengikuti Gelombang I di 108 pusat UTBK di seluruh Indonesia.

"Rata-rata per hati kami melayani 88 ribu peserta. Adapun terkait SOP, kami masih menerapkan protokol kesehatan. Kemudian dari awal SOP pelaksanaan harus seperti apa, kami sepakati dengan pusat UTBK," jelas Budi.

Wakil Rektor UI Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Abdul Haris menyampaikan pihaknya menyiapkan 1.309 fasilitas komputer untuk pelaksanaan UTBK. Dia menegaskan UI siap menambah jumlah komputer jika Kemdikbudristek menambah jumlah peserta UTBK di UI.

"Memang kami terkendala oleh protokol kesehatan, di mana harus jaga jarak. Sehingga, fasilitas laboratoirum (komputer) yang satu ruang (seharusnya) bisa diisi 50, kami isi saat ini hanya 50 persennya saja," terang Haris.

UI sendiri, lanjut Haris, mendapatkan kuota 1.300-an peserta UTBK. Lokasinya terbagi di kampus Salemba dan kampus Depok.

"Kami split (bagi, Red) yang di Depok hampir 800 peserta dan di Salemba 500 peserta," imbuh dia.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik sekaligus Ketua Pelaksana UTBK UNJ, Suyono menyebut jumlah peserta yang melaksanakan tes di kampus UNJ mencapai 29.120 orang. Para peserta terbagi menjadi dua gelombang.

TAGS : Nizam Dirjen Diktiristek Kemdikbudristek UTBK Ujian Tulis Berbasis Komputer UI UNJ




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :