Kamis, 07/07/2022 02:48 WIB

Negosiasi Damai Mentok, Ukraina Salahkan Rusia

Negosiasi Damai Mentok, Ukraina Salahkan Rusia

Seorang aktivis dari Amnesty International memegang tanda selama protes di luar Kedutaan Besar Rusia sebagai bagian dari Hari Aksi Global untuk Ukraina, menyusul invasi Rusia di Mexico City, Meksiko, 24 Maret 2022. REUTERS/Edgard Garrido

Kyiv, Jurnas.com - Ukraina menyalahkan Rusia perihal pembicaraan damai antara kedua negara, yang saat ini masih ditangguhkan. Dikatakan, penyebab penangguhan itu karena Moskow belum menemukan lokasi negosiasi.

"Proses negosiasi sedang ditunda," kata Mykhaylo Podolyak, pembantu presiden Volodymyr Zelenskyy dikutip dari BBC pada Selasa (17/5).

Podolyak, yang juga merupakan negosiator utama Kyiv dalam pembicaraan dengan delegasi Rusia, mengatakan bahwa Rusia tampaknya tidak memahami bahwa perang itu "tidak lagi berlangsung sesuai dengan aturannya, jadwalnya, atau rencananya."

"Tujuan strategis Rusia adalah semua atau tidak sama sekali," kata Poldolyak. Dia menunjukkan bahwa tidak ada ruang fleksibilitas dalam negosiasi dengan Moskow sejauh ini.

Pembicaraan antara Rusia dan Ukraina telah diadakan secara teratur, baik secara langsung maupun melalui panggilan video, sejak invasi yang dilakukan Kremlin pada 24 Februari 2022 lalu. Tapi, sejauh ini gagal menghasilkan hasil yang positif.

Sebelumnya, Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Andrei Rudenko mengkonfirmasi bahwa saat ini tidak ada pembicaraan damai yang sedang berlangsung "dalam bentuk apa pun".

"Tidak, negosiasi tidak berlanjut. Ukraina praktis telah menarik diri dari proses negosiasi," ujar dia.

TAGS : Rusia Ukraina Negosiasi Damai




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :