Rabu, 06/07/2022 08:54 WIB

Digelar Luring, Wisuda Untar Angkat Budaya Manggarai Barat

Yang menarik, wisuda Untar mengusung tema budaya Manggarai Barat

Wisuda Universitas Tarumanagara (Foto: Muti/Jurnas.com)

Jakarta, Jurnas.com - Universitas Tarumanagara (Untar) kembali menggelar wisuda pada Minggu (15/5) kemarin, di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta. Kali ini, wisuda diikuti oleh sekitar 2.200 wisudawan, baik yang hadir secara luring maupun daring.

Rektor Universitas Tarumanagara, Agustinus Purna Irawan mengatakan, ada banyak perubahan dalam wisuda kali ini, mengingat pandemi Covid-19 yang kian membaik di Jakarta.

"Situasinya makin baik. Jakarta sudah membaik, nasional juga membaik. JCC juga memberikan kesempatan baik buat kami. Saya kira jumlah yang bisa ikut di ruangan makin banyak," kata Agustinus kepada awak media di sela-sela kegiatan.

Berbeda dengan wisuda sebelumnya, lanjut Agustinus, sebanyak 80-90 persen wisudawan hadir secara luring. Digelar selama satu hari, para wisudawan datang bergantian ke lokasi acara, dengan mematuhi protokol kesehatan yang ketat.

"Wisuda ini sampai selesai, dari pagi sampai malam. Mereka datang bergiliran, kemudian melakukan wisuda, dan langsung kembali ke rumah," ujar Agustinus.

Yang menarik lagi, wisuda Untar mengusung tema budaya Manggarai Barat. Agustinus menerangkan, ini merupakan bagian dari program `Untar untuk Indonesia` yang telah diluncurkan sebelumnya, di mana Untar secara khusus bekerja sama dengan Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Menurut Agustinus, Manggarai Barat dipilih karena kabupaten yang dikenal dengan wisata Komodo dan Labuan Bajo itu telah ditetapkan oleh pemerintah sebagai destinasi wisata super premium. Namun, dari sisi sumber daya manusia dan infrastruktur pariwisata masih terbilang kurang.

"Karena itu kami lihat potensi yang dimiliki Untar seperti apa, dan mereka (Manggarai Barat, Red) butuh apa, akhirnya kami kolaborasi dengan Manggarai Barat. Karena sekaligus masuk kerja sama dengan Manggarai Barat, maka budaya yang dibawa untuk wisuda ini juga menggunakan Manggarai Barat," papar Agustinus.

TAGS : Universitas Tarumanagara Agustinus Purna Irawan Wisuda Manggarai Barat




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :