Rabu, 06/07/2022 09:06 WIB

Finlandia-Swedia Ingin Gabung NATO, Rusia: Ini Masalah Serius

Finlandia-Swedia Ingin Gabung NATO, Rusia: Ini Masalah Serius

Bendera Swedia (Foto: Doknet)

Moskow, Jurnas.com - Juru bicara pemerintah Rusia, Dmitry Peskov, mengatakan pihaknya sedang mengamati dengan cermat, rencana Swedia dan Finlandia bergabung dengan NATO.

Peskov menegaskan bahwa rencana tersebut sama sekali tidak akan memperkuat keamanan Eropa. Malah, hal itu akan menimbulkan konsekuensi serius, mengingat kedua negara tersebut merupakan tetangga Rusia.

"Ini adalah masalah serius, masalah yang menimbulkan kekhawatiran kami, dan kami akan mengikuti dengan sangat hati-hati," kata Peskov dikutip dari BBC pada Senin (16/5).

Peskov juga menunjukkan bahwa dibandingkan dengan Ukraina, Rusia tidak memiliki sengketa wilayah dengan Finlandia atau Swedia.

Sebelumnya, Wakil Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Ryabkov mengatakan, rencana Swedia dan Finlandia untuk bergabung dengan aliansi militer adalah kesalahan yang akan memiliki konsekuensi luas.

"Mereka seharusnya tidak memiliki ilusi bahwa kita hanya akan menerimanya, baik itu Brussels, Washington, dan ibu kota NATO lainnya," kata Ryabkov.

"Tingkat ketegangan militer secara umum akan meningkat, prediktabilitas di bidang ini akan berkurang," imbuh dia.

Swedia diperkirakan akan membuat keputusan resmi atas permohonannya bergabung dengan aliansi militer NATO pada Senin (16/5) ini. Parlemen negara itu saat ini sedang memperdebatkan tawaran keanggotaan potensial.

Sementara itu, Finlandia juga telah mengkonfirmasi akan mengajukan permohonan resmi untuk bergabung dengan NATO.

TAGS : Finlandia Rusia Swedia NATO Aliansi Militer




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :