Sabtu, 27/04/2024 06:02 WIB

Orang Kuat UEA Sheikh Mohammed bin Zayed Ditunjuk Sebagai Presiden Baru

Orang Kuat UEA Sheikh Mohammed bin Zayed Ditunjuk Sebagai Presiden Baru

Presiden Uni Emirat Arab dan Penguasa Abu Dhabi Sehikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan, Wakil Presiden dan Perdana Menteri Uni Emirat Arab, Penguasa Dubai dan Menteri Pertahanan Sheikh Mohammde bin Rashid Al Maktoum dan Penguasa Sharjah Sheikh Sultan bin Mohamed Al Qasimi menghadiri pertemuan Dewan Tertinggi Federal di Istana Mushrif di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, 14 Mei 2022. (Foto: Enited Arab Emirates Ministry of Presidential Affairs/Hondout via Reuters)

JAKARTA, Jurnas.com -  Pemimpin de facto Uni Emirat Arab (UEA) Sheikh Mohammed bin Zayed al-Nahyan terpilih sebagai presiden negara Teluk Arab oleh dewan tertinggi federal pada Sabtu (14/5), memperkuat kekuasaannya atas produsen minyak OPEC dan pemain regional utama.

Ia menjadi presiden pada saat hubungan lama UEA dengan Amerika Serikat (as) tegang karena AS dianggap melepaskan diri dari masalah keamanan sekutu Teluknya dan ketika negara-negara Barat mencari dukungan dari kawasan itu untuk membantu mengisolasi Rusia atas konflik Ukraina.

Dewan, yang mengelompokkan para penguasa tujuh emirat dari federasi UEA, memilih Sheikh Mohammed, yang dikenal sebagai MbZ, sehari setelah kematian saudara tirinya, Presiden Sheikh Khalifa bin Zayed, yang juga penguasa Abu Dhabi.

"Kami mengucapkan selamat kepadanya dan berjanji setia kepadanya seperti halnya orang-orang kami ... dan seluruh negara akan mengikuti kepemimpinannya menuju kejayaan," cuit Dubai Sheikh Mohammed bin Rashid al-Maktoum, yang juga wakil presiden dan perdana menteri UEA.

MbZ, 61, telah memegang kekuasaan selama bertahun-tahun di mana ia memimpin penataan kembali Timur Tengah yang menciptakan poros anti-Iran baru dengan Israel dan berinvestasi di militer UEA, yang ditambah dengan kekayaan minyaknya, memperluas pengaruh Emirat.

UEA, pusat perdagangan dan pariwisata, juga telah memperdalam hubungan dengan Rusia dan China pada saat ibukota politik Washington dengan Abu Dhabi dan Riyadh terkikis oleh perbedaan atas perang Yaman, Iran dan kondisi AS pada penjualan senjata yang menguntungkan.

"Mohammed bin Zayed telah menetapkan tidak hanya arah masa depan untuk UEA tetapi juga sebagian besar Teluk dalam pendekatannya terhadap pembangunan negara dan proyeksi kekuatan," kata Kristin Diwan, sarjana penduduk senior di Institut Negara Teluk Arab di Washington.

"Arah masa depan di bawahnya ditetapkan dan dicerminkan oleh para pemimpin Teluk lainnya yang mengadopsi diversifikasi ekonomi yang dipimpin negara dan berorientasi global serta kebijakan luar negeri yang lebih tegas yang melihat di luar Teluk dan mitra tradisional.

Pemerintahan Biden telah bergerak memperbaiki hubungan dengan kelas berat minyak Arab Saudi dan UEA. Keduanya menolak memihak dalam konflik Rusia-Ukraina dan menolak seruan Barat untuk memompa lebih banyak minyak guna membantu menjinakkan harga minyak mentah.

Tidak jelas apakah Presiden AS Joe Biden akan menjadi salah satu pemimpin dunia yang menuju ke Abu Dhabi untuk menyampaikan belasungkawa setelah kematian Sheikh Khalifa.

"Saya berharap dapat bekerja dengan Sheikh Mohammed untuk membangun dari fondasi yang luar biasa ini untuk lebih memperkuat ikatan antara negara dan masyarakat kita," kata Biden dalam sebuah pernyataan.

Presiden Prancis Emmanuel Macron dijadwalkan tiba pada Minggu.

Sheikh Mohammed sebagai presiden tidak akan memimpin UEA untuk memutuskan hubungan dengan Amerika Serikat atau mitra Barat lainnya meskipun ia akan mendiversifikasi mitra internasional negara-negara Teluk Arab, kata ilmuwan politik UEA Abulkhaleq Abdulla kepada Reuters.

"Itu akan menjadi hal baru dalam agenda," katanya.

MbZ telah bergeser dari kebijakan luar negeri hawkish dan petualangan militer, yang melihat UEA mengarungi konflik dari Yaman ke Libya, untuk fokus pada prioritas ekonomi. Ini telah melihat UEA terlibat dengan musuh Iran dan Turki setelah bertahun-tahun permusuhan, serta presiden Suriah.

"MbZ perlu mengambil langkah lebih lanjut untuk memperkuat posisi UEA sebagai pusat keuangan, logistik, dan perdagangan terkemuka di kawasan ini," kata James Swanston dari Capital Economics dalam sebuah catatan, merujuk pada dorongan negara-negara Teluk untuk mendiversifikasi ekonomi di tengah energi global. transisi dari hidrokarbon.

Sumber: Reuters

KEYWORD :

Uni Emirat Arab Sheikh Mohammed bin Zayed al-Nahyan Amerika Serikat Negara Teluk Ukraina Rusia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :