Sabtu, 20/04/2024 12:46 WIB

Ganjar Pranowo Dinilai akan Menang jika Tarung Lawan Anies dan Prabowo

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dinilai berpotensi menang di Pilpres 2024. Apa Alasannya?

Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto. (Jurnas/Istimewa)

Jakarta, Jurnas.com - Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago mengatakan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berpotensi menang jika bertarung dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Pilpres 2024.

Pasalnya, Pangi menilai segmen pemilih Ganjar berbeda dengan Anies dan Prabowo.

"Dari segmen pemilih mereka sudah beda, dengan Prabowo sudah beda, dengan Anies diferensiasi segmen pemilihnya, kolamnya udah beda banget," kata Pangi.

Selain itu, Pangi melihat, pemilih PDIP dikenal dengan pemilih loyal sehingga menurutnya, para pemilih PDIP akan memilih Ganjar. "Itu yang paling diuntungkan. Maka kalau Anies maju, Prabowo maju, itu potensi ada pada Ganjar," ujarnya.

Lebih lanjut, Pangi berkata kans Ganjar terpilih sebagai calon presiden juga besar sejauh PDIP tidak mengusung Puan Maharani. Sebab, Ganjar akan kesulitan untuk bisa diusung di Pilpres 2024 jika PDIP mengusung Puan.

"Pemilih PDIP itu loyal, strong voters-nya kuat sekali dan partai ini juga kuat jadi semua pemilih PDIP rata-rata ke Ganjar. Namun, kalau Prabowo-Puan PDIP ke Gerindra, Ganjar pakai partai apa," ucapnya.

Di sisi lain, Pangi juga memprediksi Pilpres akan diramaikan oleh tiga poros. Poros pertama yaitu Anies-AHY, poros kedua yaitu Prabowo-Erick Thohir, sedangkan poros ketiga yaitu Ganjar-Sandiaga Uno. Dari ketiga poros tersebut, peluang keterpilihannya Ganjar lebih besar.

"Kalau dihadapkan tiga poros ini, kans Ganjar lebih besar sepanjang Prabowo tidak dengan Puan," tutur Pangi.

KEYWORD :

Ganjar Pranowo Gubernur Jateng Capres 2024 Menang Lawan Anies dan Prabowo Pilpres 2024




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :