Kamis, 07/07/2022 02:46 WIB

UE Bantu Ukraina Ekspor Gandum saat Rusia Blokir Jalur Laut

UE Bantu Ukraina Ekspor Gandum saat Rusia Blokir Jalur Laut

Gandum ditempatkan pada bendera Ukraina dan Rusia dalam ilustrasi gambar ini diambil 9 Mei 2022. REUTERS/Dado Ruvic/Illustration

JAKARTA, Jurnas.com - Komisi Eropa mengatakan pihaknya akan bekerja dengan pemerintah Uni Eropa untuk membantu Ukraina mengekspor jutaan ton gandum yang tertahan di negara itu karena angkatan laut Rusia memblokir pelabuhan Ukraina.

Ukraina adalah pengekspor gandum terbesar keempat di dunia pada musim 2020/21, menurut data Dewan Biji-bijian Internasional, menjual 44,7 juta ton di luar negeri, terutama ke China, Afrika, dan Eropa. Ini juga salah satu produsen terbesar minyak bunga matahari.

Sebelum Rusia menginvasi Ukraina pada 24 Februari, 90 persen gandum dan minyak bunga matahari dikirim melalui pelabuhan Ukraina di Laut Hitam - rute yang sekarang ditutup.

Masalah dengan mengeluarkan gandum dari Ukraina mengancam akan menyebabkan krisis pangan, terutama di daerah yang lebih miskin seperti Afrika. "20 juta ton biji-bijian harus meninggalkan Ukraina dalam waktu kurang dari tiga bulan menggunakan infrastruktur UE," kata Komisaris Transportasi UE, Adina Valean.

"Ini adalah tantangan besar, jadi sangat penting untuk mengoordinasikan dan mengoptimalkan rantai logistik, menetapkan rute baru, dan menghindari, sebanyak mungkin, kemacetan," sambungnya.

Mengeluarkan produk Ukraina dengan cepat dengan kereta api juga merupakan tantangan, karena sistem kereta api Ukraina memiliki lebar rel yang berbeda dari Eropa, sehingga gandum harus dipindahkan di perbatasan ke kereta yang berbeda.

Lebih buruk lagi, tidak banyak fasilitas transfer semacam itu di perbatasan.

Komisi meminta perusahaan transportasi untuk menyediakan lebih banyak kendaraan, truk dan gerbong barang dan mengatakan pihaknya akan menyiapkan platform logistik yang cocok untuk menetapkan sumber daya transportasi gratis sesuai permintaan.

Komisi mengatakan pengiriman ekspor pertanian Ukraina harus diprioritaskan di terminal dan manajer infrastruktur harus menyediakan slot kereta api untuk ekspor ini. Ini menyerukan perusahaan untuk segera mentransfer loader gandum mobile ke terminal perbatasan yang relevan untuk mempercepat transhipment.

Komisi juga akan mencari jaminan bagi perusahaan truk untuk memastikan kendaraan yang mereka kirim ke Ukraina dan meminta pemerintah Uni Eropa untuk menerapkan fleksibilitas maksimum di penyeberangan perbatasan, dengan staf yang memadai untuk mempercepat prosedur.

Akhirnya Komisi akan menilai kapasitas penyimpanan yang tersedia di Uni Eropa dan berkoordinasi dengan pemerintah UE untuk mengamankan lebih banyak kapasitas untuk penyimpanan sementara ekspor Ukraina.

TAGS : Uni Eropa Ukraina Gandum Rusia




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :