Jum'at, 26/04/2024 05:16 WIB

Korea Utara Tembakkan 3 Rudal Balistik

Korea Utara Tembakkan 3 Rudal Balistik

auto_awesome Terjemahkan dari: Indonesia 654 / 5.000 Hasil terjemahan Foto ini disediakan oleh pemerintah Korea Utara, menunjukkan apa yang dikatakan peluncuran uji coba rudal hipersonik di Korea Utara Rabu, 5 Januari 2022. (KCNA via KNS)

JAKARTA, Jurnas.com - Korea Utara telah menembakkan tiga rudal balistik, kata militer Seoul pada Kamis (12/5), beberapa jam setelah Pyongyang mengumumkan kasus COVID-19 pertama di negara itu.

"Militer kami mendeteksi sekitar pukul 18.29 bahwa tiga rudal balistik jarak pendek ditembakkan dari daerah Sunan di Pyongyang," kata Kepala Staf Gabungan Korea Selatan kepada AFP, menambahkan bahwa rudal-rudal itu ditembakkan ke arah Laut Jepang.

Kementerian Pertahanan Jepang juga mengkonfirmasi peluncuran tersebut dan penjaga pantai negara itu mengatakan kepada AFP bahwa mereka telah mengeluarkan peringatan keselamatan kepada kapal-kapal bahwa Korea Utara tampaknya telah meluncurkan sebuah rudal.

Peluncuran itu kemungkinan merupakan uji coba senjata ke-16 negara bersenjata nuklir itu sepanjang tahun ini. Tes itu dilakukan dua hari setelah Presiden baru Korea Selatan yang hawkish Yoon Suk-yeol dilantik Selasa.

Korea Utara juga melakukan apa yang dikatakan Seoul dan Tokyo sebagai dua uji coba rudal balistik terpisah pada minggu sebelum peresmian, meskipun Pyongyang tidak mengkonfirmasi peluncuran tersebut.

Meskipun terkena sanksi internasional atas program senjatanya, Korea Utara secara dramatis meningkatkan pengujian tahun ini sambil mengabaikan tawaran pembicaraan Amerika Serikat (AS).

Sebelumnya pada hari Kamis, Korea Utara mengkonfirmasi infeksi COVID-19 pertamanya dan menyatakan "darurat serius", dengan pemimpin Kim Jong Un muncul dengan topeng di televisi untuk pertama kalinya untuk memerintahkan penguncian nasional.

Sumber: AFP

KEYWORD :

Korea Utara Rudal Balistik Kasus COVID-19




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :