Rabu, 24/04/2024 18:18 WIB

Bantuan Alkes dari Indonesia Telah Tiba di Kolombo

Pengiriman tahap kedua bantuan obat-obatan esensial dan alkes dari Indonesia tersebut telah tiba di bandara internasional Sri Lanka, Bandaranaike International Airport (BIA) di Katunayake.

Ilustrasi alat kesehatan. (Foto: halodoc.com)

Jakarta, Jurnas.com - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kolombo melaporkan, Indonesia mengirimkan bantuan kedua obat-obatan dan alat kesehatan (alkes) ke Sri Lanka yang telah tiba di Kolombo pada Minggu (8/5/2022).

Pengiriman tahap kedua bantuan obat-obatan esensial dan alkes dari Indonesia tersebut telah tiba di bandara internasional Sri Lanka, Bandaranaike International Airport (BIA) di Katunayake.

Pengiriman bantuan kedua itu, menurut KBRI Kolombo, melengkapi bantuan kemanusiaan dari Indonesia untuk Sri Lanka dengan total sebesar 3,1 ton atau senilai US$ 1,6 juta (Rp 23,24 miliar).

Sebelumnya, bantuan secara keseluruhan Indonesia telah diserahkan secara simbolis pada Kamis (28/4/2022) oleh Duta Besar RI untuk Sri Lanka Dewi Gustina Tobing kepada Menteri Kesehatan Sri Lanka Channa Jayasumana, yang didampingi oleh Perwakilan WHO untuk Sri Lanka Alaka Singh.

Dalam serah terima tersebut, Menteri Jayasumana menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada pemerintah dan industri farmasi Indonesia yang telah menanggapi permintaan Sri Lanka dalam waktu singkat.

Perwakilan WHO di Sri Lanka juga mengapresiasi Pemerintah Indonesia dan pihak terkait lainnya di kedua negara yang telah berkoordinasi dengan sangat baik dan intensif sehingga berhasil mengumpulkan dan mengirimkan bantuan dalam waktu singkat.

Dalam paket bantuan dari Indonesia itu, terdapat 10 jenis obat sitostatika, 1 jenis suplemen untuk penderita kanker, dan 8 jenis alat kesehatan, salah satunya adalah Precut Silk & T-Silk Non Absorbable Suture sesuai permintaan Pemerintah Sri Lanka.

Pemerintah Indonesia yang didukung oleh industri farmasi Indonesia menjadi negara pertama yang memberikan respons positif atas permintaan Pemerintah Sri Lanka, melalui koordinasi antara Kementerian Luar Negeri, Kementerian Kesehatan, dan WHO.

KEYWORD :

Alat Kesehatan Kolombo Dewi Gustina Tobing




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :