Jum'at, 19/04/2024 19:20 WIB

Sebanyak 39.300 Penumpang Tiba di Stasiun Daop Satu Jakarta pada H+3 Lebaran

Adapun Stasiun Daop 1 Jakarta yang dimaksud yakni Stasiun Gambir, Stasiun Pasar Senen, Stasiun Bekasi, Stasiun Cikarang, Stasiun Karawang, Stasiun Jatinegara, dan Stasiun Cikampek.

Pemeriksaan tiket dan dokumen perjalanan di stasiun Gambir. (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI Daop 1 Jakarta mencatat sejumlah 39.300 penumpang tiba di Stasiun Daop 1 Jakarta pada H+3 Lebaran atau tepatnya 6 Mei 2022.

Adapun Stasiun Daop 1 Jakarta yang dimaksud yakni Stasiun Gambir, Stasiun Pasar Senen, Stasiun Bekasi, Stasiun Cikarang, Stasiun Karawang, Stasiun Jatinegara, dan Stasiun Cikampek.

"Angka ini cukup tinggi, artinya memang kalau kita melihat dari data bahwa puncak kedatangan arus balik di Daop 1 Jakarta terjadi di tanggal 6 dan 7 Mei 2022," kata Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa saat memberikan keterangan kepada media di Jakarta, Jumat.

Ia memastikan seluruh pengguna jasa KAI yang tiba di seluruh Stasiun Daop 1 Jakarta sudah memenuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan dan telah diperiksa dengan baik di stasiun asal penumpang.

Adapun sejak tanggal 4 sampai 6 Mei 2022 terdapat 111.700 penumpang yang tiba di Stasiun Gambir, Stasiun Pasar Senen, Stasiun Jatinegara, Stasiun Jakarta Kota, Stasiun Bekasi, dan Stasiun Cikampek.

Menurut Eva, meski puncak arus balik mudik terjadi pada tanggal 6 dan 7 Mei 2022, namun diperkirakan kedatangan penumpang KAI yang pulang dari mudik Lebaran masih akan terjadi sampai dengan 10 Mei 2022.

"Perkiraannya di tanggal tersebut masih akan cukup tinggi kedatangannya," ucap dia.

Dia menjelaskan masa angkutan Lebaran untuk perjalanan kereta api ditetapkan pada H-10 sampai dengan H+10 Lebaran atau 22 April-13 Mei 2022.

Pada periode tersebut, dari area Daop 1 Jakarta terdapat sekitar 64 perjalanan kereta api jarak jauh per hari, dengan kapasitas tempat duduk yang disediakan rata-rata 37.400 per hari.

Sesuai aturan dari pemerintah, kapasitas yang ditetapkan untuk kereta api jarak jauh adalah 100 persen.

KEYWORD :

Kereta Api KAI Jakarta Stasiun Senen Gambir Arus Balik




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :