Jum'at, 26/04/2024 10:04 WIB

Sedikitnya 10 Tewas dalam Ledakan di Masjid Kabul

Wakil juru bicara Kementerian Dalam Negeri Afghanistan, Besmullah Habib mengatakan, ledakan itu terjadi pada Jumat di Masjid Khalifa Aga Gul Jan di Kabul barat sekitar pukul 2 siang waktu setempat (10:00 GMT).

Seorang jamaah yang berlumuran darah berjalan dari masjid tempat ledakan terjadi di Kabul pada hari Jumat [Ebrahim Noroozi/AP]

JAKARTA, Jurnas.com - Ledakan dahsyat menghantam masjid di Kabul barat menewaskan sedikitnya 10 orang dan melukai 20 lainnya. Ini merupakan yang terbaru dalam serentetan serangan terhadap tempat-tempat ibadah dan sasaran sipil Afghanistan selama Ramadan.

Wakil juru bicara Kementerian Dalam Negeri Afghanistan, Besmullah Habib mengatakan, ledakan itu terjadi pada Jumat di Masjid Khalifa Aga Gul Jan di Kabul barat sekitar pukul 2 siang waktu setempat (10:00 GMT).

Ratusan jemaah telah berkumpul untuk salat pada Jumat terakhir Ramadan dan masjid itu penuh sesak.

Wahid, seorang Afghanistan berusia 30-an, mengatakan bahwa dia berada di rumah ketika mendengar tentang ledakan itu dan segera bergegas ke masjid, mengetahui saudaranya ada di sana.

Ia mengingat adegan kekacauan, jeritan dan teriakan minta tolong. Ia membantu membawa yang terluka ke ambulans. "Semua orang menangis dan berlumuran darah," kata Wahid. "Saya diberitahu bahwa saudara laki-laki saya telah terluka."

Ambulans bergegas ke lokasi, mengemudi ke ujung jalan sempit di lingkungan timur Kabul untuk mencapai masjid.

Sayed Fazil Agha, kepala masjid, mengatakan seseorang yang diyakini sebagai pelaku bom bunuh diri bergabung dalam upacara tersebut dan meledakkan bahan peledak.

"Asap hitam membubung dan menyebar ke mana-mana, mayat ada di mana-mana," katanya, menambahkan keponakannya termasuk di antara yang tewas. “Saya sendiri selamat tetapi kehilangan orang-orang yang saya cintai."

Tidak ada kelompok yang segera mengaku bertanggung jawab.

Seorang pria, yang berada di dalam masjid pada saat itu, mengatakan ledakan besar merobek gedung, membakar kaki dan tangannya. Mohammad Sabir, seorang warga di daerah itu, mengatakan dia melihat orang-orang dimasukkan ke dalam ambulans.

"Ledakannya sangat keras, saya pikir gendang telinga saya pecah," katanya.

Rumah Sakit Darurat di pusat kota Kabul mengatakan sedang merawat 21 pasien dan dua meninggal pada saat kedatangan.

Seorang pekerja di rumah sakit lain mengatakan telah menerima 49 korban luka dan lima mayat. Sepuluh dari pasien berada dalam kondisi kritis dengan sekitar 20 dirawat di unit luka bakar.

Sementar itu, Seorang juru bicara Taliban, Zabihullah Mujahid, mengeluarkan pernyataan mengutuk ledakan itu dan mengatakan para pelaku akan ditemukan dan dihukum.

Puluhan warga sipil Afghanistan tewas dalam beberapa pekan terakhir dalam ledakan, beberapa di antaranya diklaim oleh kelompok bersenjata ISIL (ISIS).

Penguasa Taliban Afghanistan mengatakan mereka telah mengamankan negara itu sejak mengambil alih kekuasaan Agustus lalu dan sebagian besar menghilangkan cabang lokal ISIL, tetapi para pejabat dan analis internasional mengatakan risiko kebangkitan dalam serangan tetap ada.

Banyak dari serangan tersebut menargetkan minoritas agama Syiah. Masjid Sunni juga telah diserang.

Bom meledak di dua van penumpang yang membawa Muslim Syiah di kota utara Mazar-i-Sharif pada hari Kamis, menewaskan sedikitnya sembilan orang. Jumat lalu, sebuah ledakan menghancurkan sebuah masjid Sunni selama salat Jumat di kota Kunduz, menewaskan 33 orang.

Serangan terakhir terjadi pada hari Jumat, hari suci Islam – yang terakhir di bulan Ramadhan, di mana sebagian besar umat Islam berpuasa dari matahari terbit hingga terbenam dan sebelum hari raya keagamaan Idul Fitri minggu depan.

Sumber: Aljazeera

KEYWORD :

Kabul Serangan Masjid Ramadan Kelompok ISIS Muslim Syiah




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :