Senin, 29/04/2024 21:41 WIB

AS dan Rusia Bertukar Tahanan di Tengah Ketegangan Perangan

Pejabat AS mengatakan, pertukaran itu bukan bagian dari pembicaraan diplomatik yang lebih luas dan tidak mewakili perubahan pendekatan AS di Ukraina.

Mantan Marinir AS Trevor Reed, yang ditahan pada 2019 dan dituduh menyerang petugas polisi, memberi isyarat di dalam sangkar terdakwa selama sidang pengadilan di Moskow, Rusia pada 11 Maret 2020. (Foto: REUTERS/Tatyana Makeyeva)

JAKARTA, Jurnas.com - Amerika Serikat dan Rusia bertukar tahanan pada Rabu (27/4). Mantan Marinir AS, Trevor Reed dibebaskan dengan imbalan pilot Rusia, Konstantin Yaroshenko.

Pejabat AS mengatakan, pertukaran itu bukan bagian dari pembicaraan diplomatik yang lebih luas dan tidak mewakili perubahan pendekatan AS di Ukraina.

Hubungan Rusia-AS berada dalam kondisi terburuk sejak era Perang Dingin menyusul invasi Rusia ke Ukraina pada 24 Februari dan sanksi Barat berikutnya yang dikenakan pada Moskow.

Juru bicara Departemen Luar Negeri Ned Price mengatakan, Reed yang berasal dari Texas, diperkirakan akan tiba kembali di AS pada Rabu malam. Pria berusia 30 tahun itu dalam kondisi yang sangat baik.

"Hari ini, kami menyambut Trevor Reed ke rumah dan merayakan kembalinya dia ke keluarga yang sangat merindukannya," kata Presiden Joe Biden dalam sebuah pernyataan, mencatat kekhawatiran orang tua tentang kesehatan putra mereka.

"Negosiasi yang memungkinkan kami membawa pulang Trevor membutuhkan keputusan sulit yang tidak saya anggap enteng," tambah Biden.

Ketika ditanya bagaiman ia dapat menegosiasikan masalah penahanan Reed di tengah ketegangan yang lebih luas dengan Rusia atas Ukraina, Biden mengatakan, "Saya melakukannya. Saya mengangkatnya. Saya mengangkatnya tiga bulan lalu."

Reed dihukum di Rusia pada 2019 karena membahayakan nyawa dua petugas polisi saat mabuk dalam kunjungan ke Moskow. Amerika Serikat menyebut persidangannya sebagai "teater absurd."

Para pejabat AS mengatakan, Biden meringankan hukuman Yaroshenko, seorang pilot Rusia yang ditangkap oleh pasukan khusus Amerika di Liberia pada 2010 dan dihukum karena konspirasi untuk menyelundupkan kokain ke AS.

Rusia telah mengusulkan pertukaran tahanan untuk Yaroshenko pada Juli 2019 dengan imbalan pembebasan orang Amerika mana pun. AS berterima kasih kepada Turki, sekutu NATO, atas bantuannya dalam pertukaran itu.

Kantor berita Rusia melaporkan, Yaroshenko kemudian terbang dari Ankara ke Sochi dan akhirnya ke Moskow. Rossiya 1, saluran berita nasional  Rusia, menunjukkan video Yaroshenko sedang dipeluk istri dan putrinya, yang melompat-lompat dengan gembira, di landasan di bandara Moskow.

Biden dan Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken mengatakan mereka bekerja untuk membebaskan orang Amerika lainnya yang ditahan di Rusia, Paul Whelan, juga mantan Marinir.

Joey dan Paula Reed, orang tua Trevor Reed, berterima kasih kepada Biden dan yang lainnya, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa tindakan presiden mungkin telah menyelamatkan hidup Trevor.

Ayahnya, Joey, kemudian mengatakan kepada wartawan bahwa mereka melakukan dua panggilan telepon dengan putra mereka pada hari Rabu.

"Itu tidak terdengar seperti dia (di panggilan pertama). Panggilan kedua, dia terdengar lebih seperti dirinya sendiri. Dia pasti mendapatkan beberapa cairan dan makanan di dalam dirinya. Dia membuat lelucon," kata Joey Reed.

Sumber: Reuters

KEYWORD :

Amerika Serikat Rusia Pertukaran Tahanan Trevor Reed Konstantin Yaroshenko




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :