Sabtu, 24/07/2021 11:54 WIB

Hati-Hati di Tol Cipularang, Jembatan Cisomang Retak

Jika ada pergeseran  sedikit saja, kata dia, pihaknya akan segera melakukan evaluasi.

Jembatan Cisomang, Tol Cipularang

Cipularang - Jelang Natal dan Tahun Baru yang diperkirakan akan terjadi kepadatang arus kendaraan di tol Cipularang, justru terjadi keretakan dan pergeseran tiang jembatan Cisomang mancapai 51 sentimeter. Secara tehnis, kondisi itu tidak aman dilintasi kendaran berat.

Dengan kondisi itu, akan dilakukan pembatasan lalu lintas yang sudah diberlakukan secara efektif sejak Jumat (23/12) pukul 00.00 WIB hingga tiga bulan mendatang. Dan kemudian, akan dievaluasi secara priodek. Saat ini, sedang dilakukan analisis desain dan penanganan jembatan oleh Jasa Marga.

"Jadi mulai tadi malam jam 00.00 hanya kendaraan golongan satu yang boleh lewat, sementara kita batasi selama tiga bulan. Kita evaluasi dan melakukan penanganan untuk apa yang menyebabkan itu," ujar Arie Setiadi, Dirjen Bina Marga pada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) kepada wartawan.

Arie menjelaskan,  jembatan tersebut memiliki tinggi 40 meter. Jika ada pergeseran  sedikit saja, kata dia, pihaknya akan segera melakukan evaluasi. dan segera  menghentikan kendaraan yang ingin melewati jembatan tersebut.

"Kementerian PUPR dan KKJTJ meminta masyarakat untuk tetap tenang dan senantiasa menjaga keselamatan berkendara dalam masa libur Natal dan Tahun Baru," imbau Arie.

Sebagai langkah preventif, dilakukan pembatasan beban lalu lintas di Jembatan Cisomang:

1. Kendaraan dari arah Jakarta menuju Bandung keluar di Gerbang Tol Sadang (KM 75+200) atau Gerbang Tol Jatiluhur (KM 84+600) dan dapat masuk kembali ke jalan tol melalui Gerbang Tol Padalarang (KM 121+400).

2. Kendaraan dari arah Bandung menuju Jakarta keluar Gerbang Tol Padalarang (KM 121+400) atau Gerbang Tol Cikamuning (KM 116+700) dan masuk kembali ke jalan tol melalui Gerbang Tol Sadang (KM 75+200) atau Gerbang Tol Jatiluhur (KM 84+600).


TAGS : Cipularang Retak kementerian PUPR




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :