Kamis, 25/04/2024 00:21 WIB

Charta Politika: Ganjar Unggul Telak dari Prabowo dan Anies di Jateng

Lembaga survei Charta Politika merilis hasil survei terkait elektabilitas calon presiden. Hasilnya, Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo unggul telak di Jateng dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

Ganjar Pranowo dinilai capres dengan kriteria unggul yang lengkap. (Foto Istimewa)

Jakarta, Jurnas.com - Lembaga survei Charta Politika merilis hasil survei terkait elektabilitas calon presiden. Hasilnya, Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo unggul telak di Jateng dan Nusa Tenggara Timur (NTT). 
 
Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya mengatakan, Ganjar memperoleh angka elektabilitas tertinggi di Jateng dengan 70 persen. Disusul Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. 
 
"Untuk elektabilitas calon Presiden, nama Ganjar Pranowo unggul jauh dari nama-nama lainnya, perolehan angka yang cukup tinggi dengan 70 persen. Sementara nama lainnya seperti Prabowo Subianto 9 persen, Anies R Baswedan 7 persen, masih berada di bawah 10 persen," kata Yunarto, dikutip Kamis (14/4).
 
Di NTT, kata Yunarto, Ganjar mendapat total dukungan hampir 28 persen. Sementara elektabilitas Prabowo dan Anies berada di belakang. 
 
"Untuk simulasi Calon Presiden di Nusa Tenggara Timur, Ganjar mendapat dukungan lebih tinggi dengan 27,6 persen dibandingkan dengan nama lainnya seperti Prabowo Subianto 21,5 persen dan Anies R Baswedan 9,6 persen," imbuhnya. 
 
Sebagai informasi, survei capres di NTT dan Kaltim dilaksanakan pada 4 sampai 12 Maret 2022 dengan total 1600 responden melalui wawancara tatap muka. Margin of eror survei ini antara 2,97 persen hingga 3,4 persen. 
 
Sementara di Jateng, survei dilakukan pada 14 sampai 19 Februari 2022 dengan 1090 responden melalui wawancara tatap muka. Margin of eror survei ini berkisar 2,97 persen.
 
Survei dilakukan dengan metode multistage random sampling. Para responden diberi pertanyaan `Jika pemilihan presiden diadakan sekarang, siapa yang akan Bapak/Ibu/Saudara pilih sebagai Presiden`.
KEYWORD :

Ganjar Pranowo Gubernur Jateng Hasil Survei Capres 2024 Pilpres 2024 PDI Perjuangan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :