Jum'at, 01/07/2022 11:49 WIB

Film Tutuge Angkat Upacara Ngaben Bali dengan Banyak Sisi

Film Tutuge mengangkat budaya dan kearifan lokasl di Bali dengan cerita dan warna berbeda polesan sutradara Virlin.

Salah satu adegan di film Tutuge. (Foto: Jurnas/Ist).

Jakarta, Jurnas.com- Film Indonesia berjudul Tutuge meraih penghargaan Internasional, salah satunya di ajang Asian Film Awards Academy 2021. Film ini disutradarai langsung oleh Virlanwana Langgong yang selama ini dikenal luas sebagai penggarap video klip dari grup band atau penyanyi ternama.

Sentuhan Virlan, begitu dirinya disapa, membuat film Tutuge memiliki warna tersendiri yang berbeda dari film pada umumnya. Banyak memainkan enggel kamera dengan single shot membuat film yang mengambil syuting di Canggu, Bali ini semakin terlihat indah. Ditambah dengan skenario terbaik dan juga para pemain yang mumpuni di layar lebar.

“Saya banyak memainkan gambar single shot saat proses syuting. Karena itu, film ini menjadi banyak warna dan awalnya memakan waktu penayangan hingga 3 jam. Namun dengan proses edit menjadi 2 jam 20 menit,” kata Virlin menerangkan filmnya saat ditemui di Tamaline Kafe, kawasan Senopati, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (5/4/2022).

"Film Tutuge ini saya menyebutnya dengan genre drama horor psikologis. Ceritanya kita kemas menarik dan yang hepi. Beda dengan horor pada umumnya. Dan secara khusus mengangkat cerita tentang budaya di Bali, mulai dari ngaben dan lainnya. Kita dalami di film ini,”sambung Virlan.

Direncanakan, film yang berada di bawha bendera rumah produksi Tiga Sinergi ini akan ditayangkan di bioskop Tanah Air pada 14 April mendatang. Nmaun akan dilakukan streaming di Bali pada tanggal 8 April 2022.

"Kita banyak syuting di Bali, jadi kita akan lakukan streaming di Bali pada tanggal 8 April mendatang. Film ini juga secara khusus mengangkat cerita dari salah satu kearifan lokal yang ada di Bali. Film ini menjadi medium untuk menyampaikan banyak pesan moral," ungkap Executive Produser Tutuge Tommy Indratama.

Ditambahkan Tommy, film Tutuge sendiri sudah digarap sebelum pandemi Covid-19 melanda Indonesia. Meskipun butuh lama buat tayang di layar lebar, dia mengaku puas dengan hasil akhirnya.

"Penantian untuk produksi film ini cukup lama bagi kami. Tapi kami merasa sangat puas dengan hasilnya," jelas Tommy.

Film bergenre horor misteri ini akan dibintangi oleh Rania Putri Sari, Imelda Therrine, Rizky Hanggono hingga Ismi Melinda. Termasuk pemain asli dari Bali, Langlang Buana serta Komang Suendra dan Nina Tutachi.

TAGS : Film Tutuge Bali Virlin




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :