Selasa, 05/07/2022 22:10 WIB

Rakornas Perpusnas Dorong Transformasi Perpustakaan Digital

Tercatat, Rakornas Perpusnas tahun ini akan diikuti 10.000 peserta, dan diisi dengan beragam diskusi menarik yang mengupas persoalan dan tantangan literasi Indonesia. 750 peserta akan hadir secara luring dan 9.250 peserta secara daring.

Kepala Perpusnas, Muhammad Syarif Bando (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Perpusatakaan Nasional (Perpusnas) akan menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) pada 29-30 Maret 2022 mendatang. Kegiatan ini dilaksanakan secara hybrid.

Tercatat, Rakornas Perpusnas tahun ini akan diikuti 10.000 peserta, dan diisi dengan beragam diskusi menarik yang mengupas persoalan dan tantangan literasi Indonesia. 750 peserta akan hadir secara luring dan 9.250 peserta secara daring.

Kepala Perpusnas Muhammad Syarif Bando mengatakan, peningkatan kualitas sumber daya manusia unggul (SDM) yang memiliki kemampuan adaptasi teknologi sangat dibutuhkan guna mendukung pelaksanaan tranformasi ekonomi berbasis digital.

Di sinilah, perpustakaan berperan dalam meningkatkan kemampuan literasi SDM melalui transformasi perpustakaan untuk mewujudkan ekosistem digital nasional itu.

"Literasi memiliki kontribusi positif dalam rangka menciptakan tenaga kerja terampil, berkeahlian, kreatif, dan inovatif. Perlu terus dilakukan pengembangan kemampuan pekerja dan angkatan kerja dalam mengadopsi alat, proses, dan prosedur baru agar siap menghadapi revolusi industri 4.0," katanya dalam sesi konferensi pers menyambut Rakornas Perpustakaan 2022 melalui keterangan tertulis, pada Kamis (24/3/2022).

Dijelaskan pula, dalam rangka menghadapi Revolusi Industri 4.0, perpustakaan harus membuka peluang untuk bersinergi dengan perubahan. Untuk itu, perpustakaan dituntut untuk memiliki pembangunan kapasitas, rancangan dan interaktivitas, serta perubahan pola pikir.

"Konsolidasi dan koordinasi antar pemangku kepentingan di bidang perpustakaan secara intens harus dilakukan sehingga sinergi antara pusat maupun daerah, agar ekosistem digital dapat segera diwujudkan," terang dia.

Dia menggarisbawahi peran perpustakaan dalam transfer pengetahuan demi meningkatkan budaya literasi sekaligus berperan dalam pemulihan ekonomi, dan berkontribusi dalam kemajuan bangsa.

"Meski pandemi Covid-19, rakornas harus tetap digelar untuk menyatukan tujuan dan program seluruh stakeholder perpustakaan di Indonesia," tutup dia.

TAGS : Rakornas Perpusnas Perpustakaan Nasional Transformasi Digital




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :