Kamis, 07/07/2022 17:29 WIB

Presiden Ukraina Desak Italia Sita Kapal Pesiar yang Terkait dengan Putin

Putin dan pendukungnya yang kaya sering pergi ke Italia untuk berlibur dan semua aset mereka harus dibekukan untuk menekan mereka agar mengakhiri invasi ke Ukraina.

Dalam gambar selebaran yang diambil 20 Maret 2022 dan dirilis oleh Kantor Pers Kepresidenan Ukraina, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menyampaikan pidato video di Kyiv. (Foto: Layanan Pers Kepresidenan Ukraina/AFP/Handout)

ROMA, Jurnas.com - Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskiy mendesak Italia pada Selasa untuk menyita kapal pesiar misterius senilai sekitar 700 juta dolar AS yang dikaitkan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Dalam pidatonya di parlemen Italia, Zelenskyy mengatakan, Putin dan pendukungnya yang kaya sering pergi ke Italia untuk berlibur dan semua aset mereka harus dibekukan untuk menekan mereka agar mengakhiri invasi ke Ukraina.

"Jangan menjadi tempat persembunyian para pembunuh. Blokir semua real estat, rekening, dan kapal pesiar mereka - dari Scheherazade hingga yang terkecil," katanya, merujuk pada kapal pesiar super yang ditambatkan di pelabuhan Italia Marina di Carrara.

Kapal enam dek yang ramping ini memiliki dua landasan pendaratan helikopter dan dapat menampung hingga 18 tamu dan 40 awak. Pemiliknya tidak pernah diidentifikasi secara publik, tetapi ada desas-desus di media bahwa itu milik Putin atau anggota lingkaran dalamnya.

Sebuah organisasi yang didirikan oleh Alexei Navalny yang dipenjara, seorang kritikus Putin yang sengit, merilis sebuah laporan pada hari Senin yang mengatakan bahwa mereka memiliki bukti bahwa kapal itu milik pemimpin Rusia.

Dikatakan banyak awaknya diambil dari Layanan Perlindungan Federal Rusia (FSO), yang bertugas melindungi presiden Rusia, dan secara teratur terbang ke Italia.

Kremlin tidak segera menanggapi permintaan komentar apakah Putin adalah pemilik Scheherazade atau apakah anggota FSO adalah anggota awak.

Sebuah sumber kepolisian Italia mengatakan kepada Reuters pada hari Selasa bahwa penyelidik tidak percaya kapal pesiar itu dimiliki oleh siapa pun dalam rombongan Putin. Namun, sumber tersebut menambahkan bahwa pemerintah masih berusaha memastikan siapa pemiliknya.

Perdana Menteri Italia, Mario Draghi mengatakan kepada parlemen pada Selasa bahwa pemerintahnya telah menyita lebih dari 800 juta euro aset yang dimiliki di Italia oleh pengusaha Rusia sebagai bagian dari sanksi Uni Eropa yang menargetkan Putin, teman-teman dan rekan-rekannya.

Namun, para pejabat mengatakan sangat sedikit yang diketahui tentang apa yang mungkin dimiliki Putin, atau di mana dia menyimpan asetnya.

Untuk memberikan lebih banyak tekanan pada Moskow, Zelenskiy mengatakan kepada anggota parlemen Italia bahwa Uni Eropa perlu memberlakukan embargo perdagangan penuh terhadap Rusia, termasuk larangan pembelian minyak.

"Dukung larangan memasuki pelabuhan Anda untuk kapal Rusia, sehingga mereka merasakan biaya agresi mereka," katanya.

Sumber: Reuters

TAGS : Volodymyr Zelenskiy Kapal Pesiar Italia Krisis Ukraina Vladimir Putin




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :