Rabu, 06/07/2022 05:14 WIB

Korea Utara Kembali Tembakkan Beberapa Rudal Jarak Pendek

Militer Korea Utara melepaskan empat tembakan sekitar pukul 07.20 waktu setempat selama sekitar satu jam menuju pantai baratnya dari lokasi tak dikenal di Provinsi Pyongan Selatan.

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un memberikan panduan lapangan di situs peluncuran satelit Seohae di Korea Utara dalam foto yang dirilis oleh Kantor Berita Pusat Korea (KCNA) Korea Utara pada 11 Maret 2022. (Foto file: Reuters/KCNA)

SEOUL, Jurnas.com - Korea Selatan mengatakan, Korea Utara tampaknya telah menembakkan beberapa peluncur roket jarak pendek pada Minggu (20/3). Hal itu terjadi di tengah meningkatnya ketegangan militer di semenanjung itu.

"Pagi ini, ada penembakan di Korea Utara yang dianggap sebagai beberapa tembakan peluncur roket, dan militer kami memantau situasi terkait dan menjaga postur kesiapan," kata Kepala Staf Gabungan Korea Selatan dalam sebuah pernyataan, tanpa menjelaskan lebih lanjut.

Kantor Berita Yonhap melaporkan, militer Korea Utara melepaskan empat tembakan sekitar pukul 07.20 waktu setempat selama sekitar satu jam menuju pantai baratnya dari lokasi tak dikenal di Provinsi Pyongan Selatan.

Dewan Keamanan Nasional Korea Selatan mengadakan pertemuan darurat wakil menteri atas peluncuran tersebut.

Tahun lalu, Korea Selatan menyetujui rencana untuk mengejar sistem intersepsi artileri senilai US$2,6 miliar, mirip dengan "Iron Dome" Israel, yang dirancang untuk melindunginya dari persenjataan senjata jarak jauh dan roket Korea Utara.

Sekitar setengah dari 52 juta orang Korea Selatan tinggal di ibu kota Seoul dan daerah sekitarnya, dalam jangkauan senjata jarak jauh tetangga dan beberapa peluncur roket.

Pyongyang telah melakukan peluncuran rudal dengan kecepatan yang luar biasa tinggi tahun ini.

Korea Selatan dan AS memperingatkan bahwa Korea Utara dapat melanjutkan uji coba rudal balistik antarbenua besar (ICBM) terbesarnya untuk pertama kalinya sejak 2017 di tengah pembicaraan denuklirisasi yang terhenti.

Korea Utara juga tampaknya bersiap untuk meluncurkan satelit mata-mata, dan konstruksi baru telah terlihat di lokasi uji coba nuklirnya yang ditutup.

TAGS : Korea Selatan Korea Utara Uji Coba Rudal ICBM




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :