Selasa, 05/07/2022 23:09 WIB

Gus Jazil Pastikan Pertemuan Gus Muhaimin dan Anggota KPU-Bawaslu Tak Bahas Penundaan Pemilu

Tidak. Itu bukan pada tempatnya, kondisinya berbeda. Jadi sangat tidak relevan kalau pertemuan itu untuk membahas penundaan pemilu.

Wakil Ketua MPR RI dari Fraksi PKB, Jazilul Fawaid (Gus Jazil). (Foto: Jurnas.com)

Jakarta, Jurnas.com - Wakil Ketua Umum PKB, Jazilul Fawaid menegaskan pertemuan Ketua Umum PKB, Abdul Muhaimin Iskandar (Gus Muhaimin) dengan anggota KPU dan Bawaslu terpilih tidak membahas soal wacana penundaan pemilu.

Wakil Ketua MPR RI ini menegaskan, pertemuan tersebut hanya merupakan bentuk silaturahmi, mengingat Gus Muhaimin merupakan salah seorang pimpinan DPR RI.

“Tidak. Itu bukan pada tempatnya, kondisinya berbeda. Jadi sangat tidak relevan kalau pertemuan itu untuk membahas penundaan pemilu,” jelas dia usai menghadiri diskusi F-PKB MPR RI yang bertema “Wacana Penundaan Pemilu Dalam Koridor Konstitusi” di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (15/3).

Gus Jazil menegaskan, berdasarkan konstitusi penundaan pemilu sejatinya dilakukan lewat amandemen konstitusi.

“Bukan lewat Perppu atau usulan KPU. Disitu tidak ada jelas disebutkan kalau terjadi kedaruratan nasional atau sebagian daerah tidak bisa melaksanakan KPU bisa mengusul penundaan. Tapi berapa lama penundaannya? Kan enggak ada di situ,” kata dia.

“Kalau lewat amandemen jelas, penundaan maksimal sekian tahun, pejabat yang bersangkutan atau yang terimbas dari penundaan itu juga harus punya legitimasi. Jadi kompleks, bukan urusan KPU,” imbuh Gus Jazil.

Oleh karena itu, Gus Jazil kembali menegaskan apabila pertemuan tersebut hanya dilakukan untuk membangun komunikasi yang berkaitan dengan tugas - tugas para anggota KPU dan Bawaslu terpilih.

“Ya itu pertemuan biasa. Artinya, tidak ada yang ditutupi dan bertemu bersama-sama. Kalau ada yang ditutup-tutupi dan itu tidak ditemukan bersama antara pengawas dan yang diawasi, kan gak masuk akal. Itu hanya membangun komunikasi supaya tugas - tugas KPU yang akan datang dan Bawaslu yang akan datang sebagai mitra itu Pimpinan DPR ikut memberikan support. Itu aja itu kan hubungannya dengan komisi - komisi di DPR,” tandasnya.

 

 

 

 

 

 

TAGS : Warta MPR PKB Jazilul Fawaid Gus Jazil Abdul Muhaimin Iskandar penundaan pemilu KPU




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :