Senin, 04/03/2024 06:10 WIB

Seluruh Pesawat Rusia Dilarang Terbang di Inggris

 Inggris mengumumkan serangkaian sanksi baru yang berisi larangan terbang bagi seluruh pesawat Rusia, di wilayah udara Inggris.

Maskapai Rusia (Foto: BBC)

London, Jurnas.com - Inggris mengumumkan serangkaian sanksi baru yang berisi larangan terbang bagi seluruh pesawat Rusia, di wilayah udara Inggris.

Dampaknya, pemerintah Inggris sah menahan pesawat Rusia di Inggris dan menjadikannya pelanggaran pidana jika ditemukan terbang atau mendarat di negara tersebut.

Dikutip dari BBC pada Rabu (9/3), sejumlah menteri juga mengatakan sanksi terbaru akan menargetkan tokoh-tokoh yang dekat dengan Kremlin.

Selain itu, sanksi perdagangan baru akan mencegah semua ekspor penerbangan Inggris atau teknologi terkait ruang angkasa ke Rusia, termasuk layanan terkait seperti asuransi.

Menteri Luar Negeri Liz Truss mengatakan perubahan itu akan menimbulkan "kesakitan ekonomi lebih lanjut di Rusia dan mereka yang dekat dengan Kremlin".

Dia menambahkan pemerintah akan terus mendukung Ukraina dan "bekerja untuk mengisolasi Rusia di panggung internasional".

Menteri Transportasi Grant Shapps mengatakan Inggris adalah "salah satu negara pertama yang melarang pesawat Rusia, dan hari ini kami melangkah lebih jauh dengan menjadikannya pelanggaran pidana bagi pesawat Rusia yang beroperasi di wilayah udara Inggris".

"Kami akan selalu berusaha untuk menolak hak (Presiden Rusia Vladimir) Putin dan kroni-kroninya untuk melanjutkan hidup seperti biasa sementara orang Ukraina yang tidak bersalah menderita," lanjut dia.

Sanksi baru datang tak lama setelah pemerintah Inggris mengkonfirmasi akan memberlakukan larangan semua minyak Rusia pada akhir tahun, di mana langkah serupa juga diumumkan oleh Amerika Serikat.

KEYWORD :

Rusia Ukraina Perang Inggris Pesawat Terbang Sanksi Perdagangan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :