Sabtu, 27/04/2024 13:20 WIB

Internasional

Ribuan Warga Mengungsi dari Kota Aleppo

Pengungsian dilakukan  dari benteng terakhir pemberontak di Aleppo sejak kamis (15/12) berdasarkan kesepakatan gencatan senjata  Turki dan Rusia

Pengungsi Aleppo

Istanbul - Pengungsian besar-besaran yang diperkirakan 8.000 warga  berlangsung dari Kota Aleppo, Suriah menuju kawasan yang dianggap aman dari pertempuran.

Menteri Luar Negeri Mevlut Cavusoglu mengatakan di Twitter bahwa lebih dari 7.000 warga telah diungsikan dengan lima iringan pertama.

Pengungsian dilakukan  dari benteng terakhir pemberontak di Aleppo sejak kamis (15/12) berdasarkan kesepakatan gencatan senjata  Turki dan Rusia, yang akan mengakhiri pertempuran untuk kota itu dan menjadi kemenangan utama bagi Presiden Suriah,  Bashar al-Assad.

Sementara itu, laporan kantor berita negara SANA, menyebutkan gelombang kedua rombongan pemberontak beserta keluarganya pada Selasa meninggalkan benteng terakhir  di Aleppo, Suriah utara.

Gelombang pertama rombongan sudah tiba di Rashidien, yaitu wilayah pedesaan sebelah barat Aleppo yang mencatat bahwa jumlah mereka yang berpindah dari Aleppo dalam gelombang pertama tercatat 1.150 orang.

Laporan mengatakan evakuasi para pemberontak dan warga sipil akan terus berlangsung sepanjang malam sampai selesai. Berdasarkan atas kesepakatan yang diperantarai Rusia dan Turki, jumlah orang yang siap dievakuasi dari Aleppo diperkirakan mencapai 15.000, termasuk 4.000 pemberontak.

KEYWORD :

Pengungsi Aleppo




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :