Kamis, 11/08/2022 17:57 WIB

Survei: Ganjar Rebut Suara Emak-emak di Basis Risma-Khofifah

Hasil survei Surabaya Survey Center (SSC) menyatakan Ganjar Pranowo menjadi capres 2024 dengan elektabilitas tertinggi yang didukung emak-emak di Jawa Timur.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Prabowo

Jakarta, Jurnas.com - Hasil survei Surabaya Survey Center (SSC) menyatakan Ganjar Pranowo menjadi capres 2024 dengan elektabilitas tertinggi yang didukung emak-emak di Jawa Timur.

"Ganjar menjadi capres dengan elektabilitas tertinggi dari pilihan emak-emak di Jatim yakni 16,3 persen," kata Direktur SSC Mochtar Wahyu Oetomo di Surabaya, Rabu (23/2).

Mochtar menjelaskan tingginya elektabilitas Ganjar salah satunya karena faktor sering terekspose media, baik itu pemberitaan hingga media sosial.

"Kita tahu, emak-emak ini hobi sekali bermain medsos. Dan Ganjar ini pemberitaannya sangat masif, ditambah deklarasi-deklarasi relawan Ganjar," jelasnya.

"Selain itu, elektabilitas Ganjar ini memang tinggi di pusat. Hal ini bersinambung di daerah, dan emak-emak Jatim merekam bagaimana kiprah Ganjar," sambungnya.

Di posisi kedua elektabilitas capres pilihan emak-emak Jatim yakni Prabowo Subianto. Mochtar mengatakan nama Prabowo masih diingat oleh emak-emak di Jatim.

"Dua kali nyapres, saya kira emak-emak pasti mengingat kiprah Prabowo. Dan ini yang membuat namanya sebagai elektabilitas capres masih tinggi, meskipun sebenarnya angkanya stagnan," ujar Mochtar.

Sementara nama Tri Rismaharini di peringkat tiga. Faktor pernah menjabat sebagai Wali Kota Surabaya dan dicintai emak-emak, membuat Mensos RI ini masuk 3 besar capres dengan elektabilitas tertinggi menurut pilihan emak-emak Jatim.

"Pun demikian Khofifah di peringkat 4. Karena faktor gubernur, seorang ketua muslimat, dan dekat dengan emak-emak," imbuhnya.

Meski demikian, Mochtar mengungkapkan, ceruk di kalangan emak-emak untuk bursa capres masih begitu terbuka.

"Di survei elektabilitas kali ini, 29,9 persen memilih tidak tahu dan tidak menjawab. Ini ceruk yang sangat potensial mengingat Pilpres masih di tahun 2024," pungkasnya.

Survei yang dilakukan oleh SSC ini dilaksanakan dari tanggal 1-10 Februari 2022 di 38 Kabupaten/Kota di Jatim.

Sebanyak 1.070 responden dipilih dengan menggunakan metode stratified multistage random sampling dengan margin of error kurang lebih 3 persen dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.

Penentuan responden dari kalangan emak-emak dalam setiap kartu keluarga (KK) dilakukan dengan bantuan kish grid.

Berikut detail elektabilitas Capres pilihan emak-emak Jatim menurut SSC:
1. Ganjar Pranowo 16,3 persen.
2. Prabowo Subianto 15,6 persen.
3. Tri Rismaharini 10,8 persen.
4. Khofifah Indar Parawansa 5 persen.
5. Anies Baswedan 4,9 persen.

TAGS : Ganjar Pranowo Gubernur Jateng Hasil Survei Capres 2024 Pilpres 2024




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :