Sabtu, 27/04/2024 13:35 WIB

Xpander Gunakan Penggerak Roda Depan, Ini Keuntungannya

Mitsubishi Xpander memadukan mesin 1.5L MIVEC DOHC 16 Valve dengan spesifikasi Euro 4 yang hasilkan output maksimum 105 PS pada 6,000 RPM

Mitsubishi Xpander Cross. (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Varian andalan Mitsubishi Motors, Mitsubishi Xpander merupakan salah satu mobil yang menggunakan sistem penggerak roda depan yang ditunjang degan transmisi baru continuously variable transmission (CVT) yang membuat performanya makin bertenaga dan hemat bahan bakar.

Selain hemat, juga memberikan rasa berkendara lebih nyaman dan efisien. Ini berkat keseimbangan antara akselerasi maksimal dan tajam layaknya transmisi AT 8 percepatan, efisiensi bahan bakar, kerapatan serta perpindahan gigi yang halus.

Corporate Vice President, Design Division Mitsubishi Motors Corporation (MMC) Tsunehiro Kunimoto mengatakan mobil berpenggerak roda depan justru lebih efisien, mengakomodir teknologi terbaru, dan menambah kelegaan pada ruang kabin karena lantai kendaraan menjadi rata.

“Tren di Eropa banyak memakai FWD karena akan lebih mengakomodasi teknologi baru,” jelas Tsunehiro Kunimoto dalam sebuah pameran nasional. “Misalnya lantai kabinnya rata karena konsep MPV tentunya harus lega serta beratnya juga lebih ringan.”

Sementara menurut Rifat Sungkar Brand Ambassador Mitsubishi Indonesia, dengan CVT friksi yang terjadi sangat sedikit membuat mengemudi jadi lebih menyenangkan karena tidak ada hentakan.

“Saya sempat mencoba beberapa hari dengan beberapa tipe jalanan, dan yang sangat berasa adalah saat mencapai RPM 3.000 ke 3.500. Di situ seperti ada dorongan ekstra seakan mobil tidak ada hambatan sama sekali. Lancar sekali dan ketika dipanggil tenaganya akan selalu ada,” ujar Rifat.

Pereli Indonesia itu mengakui bahwa pengguna mobil mungkin tetap melakukan “kick down” atau menginjak pedal gas dalam-dalam untuk mendapatkan akselerasi.

Namun menurut Rifat, hal itu tidak perlu dilakukan sebab pengguna New Xpander hanya perlu mempertahankan torsi di RPM tertentu untuk mendapatkan tenaga yang optimal.

“Ini cukup berbeda dengan Xpander edisi sebelumnya. Kick down memang ada tapi pengguna bisa mempertahankan di RPM tertentu dan torsi akan mengeluarkan tenaga yang diminta,” tutur Rifat.

Sebagai informasi Mitsubishi Xpander memadukan mesin 1.5L MIVEC DOHC 16 Valve dengan spesifikasi Euro 4 yang menghasilkan output maksimum 105 PS pada 6,000 RPM, torsi 141 Nm pada 4.000 RPM.

Mesin Xpander juga telah memakai Exhaust Gas Recirculation (EGR) yang mampu mengurangi emisi gas buang serta menambah efisiensi bahan bakar.

KEYWORD :

Rodan Depan Mitsubishi Xpander




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :