Kamis, 07/07/2022 20:11 WIB

Disebut Role Model Pemberantasan Korupsi, Erick Thohir Berbalas Pantun Dengan Mahasiswi Madiun

Ke Madiun beli pecel, di jalan ketemu pendekar. Pak Erick Thohir jadi role model, berkat beliau kasus korupsi berhasil dibongkar.

Menteri BUMN, Erick Thohir. (foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Langkah tegas Menteri BUMN Erick Thohir bersihkan perilaku korupsi dari BUMN menjadi sorotan publik. Tidak sedikit yang mengakui keberanian Erick Thohir dalam membongkar kasus korupsi ini, dari aparat penegak hukum, masyarakat hingga mahasiswa.

Salah satu pengakuan itu datang dari mahasiswi Universitas Merdeka Madiun bernama Tiara Janawa (20). Dia bilang, Erick Thohir adalah role model bagi semua orang dalam melawan praktik korupsi.

Tiara memberikan hadiah pantun berisi pujian kepada orang nomor satu di Kementerian BUMN itu saat menyampaikan pertanyaan dalam seminar yang dihadiri langsung oleh Erick Thohir di Graha Samiarto Laksono, Universitas Merdeka Madiun, Jawa Timur, kemarin.

"Ke Madiun beli pecel, di jalan ketemu pendekar. Pak Erick Thohir jadi role model, berkat beliau kasus korupsi berhasil dibongkar," kata Tiara kepada Erick dalam pantunnya yang dikutip di akun Instagram @erickthohir, Rabu (9/2).

Erick Thohir kemudian membalas pantun mahasiswi cantik itu. Dia mengajak partisipasi publik untuk mendukung upaya yang dilakukannya di kementerian BUMN.

"Makan pecel dicampur nasi, enak rasanya bikin bahagia. Ayo sama-sama berantas korupsi. Untuk Indonesia maju, makmur dan mendunia," terangnya.

Usai memberikan pantun, Tiara kemudian bertanya ke Erick Thohir terkait kontribusi Kementerian BUMN dalam membangun visi generasi emas Indonesia. Mahasiswi cantik itu juga bertanya soal kebijakan Erick Thohir yang mempercayakan anak muda menjabat posisi strategis di BUMN, membuka program magang, hingga memberikan beasiswa pendidikan.

Setelah mendapat pertanyaan tersebut, Erick Thohir langsung memaparkan keuntungan BUMN di 2020 hanya Rp13 triliun. Namun setelah bertansformasi, di 2021 lalu BUMN meraup keuntungan hingga Rp60 triliun.

"Itu meningkat ratusan persen. Dan tentu keuntungan ini diberikan kepada pemerintah sebagai program yang selama ini membantu Covid-19,” kata Erick Thohir.

“Vaksin gratis, listrik 450 watt gratis, ya itu karena pendanaan yang didapatkan dari pemerintah tidak hanya berdasarkan pajak, tetapi deviden BUMN," tambahnya.

Pantun pujian dari Tiara Jenawa itu bukan sekedar pantun, karena pantun tersebut menggambarkan ketegasan Erick Thohir melawan praktik korupsi.

Sebagaimana diketahui, Erick Thohir menjadi satu-satunya Menteri yang telah membongkar sejumlah kasus besar yang ada di lingkungan perusahaan yang dipimpinnya. Terbaru, Erick Thohir melaporkan dugaan korupsi di PT Garuda Indonesia (Persero) ke Kejaksaan Agung RI.

Laporan tersebut kemudian mendapat apresiasi dan ucapan terima kasih dari Jaksa Agung ST Burhanuddin kepada Erick Thohir.  Burhanuddin menyebut Erick telah membantu pihaknya membongkar kasus mega korupsi PT Asuransi Jiwasraya dan PT Asabri (Persero).

"Terima kasih kepada Menteri Badan Usaha Milik Negara, Bapak Erik Tohir, atas kontribusi dan kerja samanya, Kejaksaan dapat mengungkap secara tuntas mega skandal korupsi pada PT Asuransi Jiwasraya dan PT ASABRI (Persero)," kata Burhanuddin beberapa waktu lalu.

TAGS : Menteri BUMN Erick Thohir korupsi mahasiswi Madiun Garuda Indonesia Kejagung




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :