Kamis, 07/07/2022 17:16 WIB

Spotify Hapus 70 Episode Lawas Joe Rogan

Platform musik streaming, Spotify, menghapus 70 episode lawas podcaster Joe Rogan, yang direkam antara 2009-2018 silam.

Logo Spotify (Foto: Addiction)

New York, Jurnas.com - Platform musik streaming, Spotify, menghapus 70 episode lawas podcaster Joe Rogan, yang direkam antara 2009-2018 silam.

Dihapusnya episode podcaster populer itu menyusul mencuatnya kasus misinformasi soal Covid-19, serta penggunaan kata-kata bernada rasisme terhadap kaum kulit hitam.

"Saya menemukan Joe Rogan bermasalah karena alasan selain wawancara Covid-19. Bagi saya itu juga bahasanya seputar rasisme," kata penyanyi India Arie dikutip dari Variety pada Minggu (6/2).

Arie kemudian memposting klip video di Instagram yang mengkompilasi 24 kali Rogan menggunakan nigga word (kata rasisme untuk kulit hitam) di podcastnya.

"Dia seharusnya tidak seharusnya mengucapkan kata itu. Jangan katakan itu, dalam konteks apa pun. Jangan katakan itu. Di situlah saya berdiri. Saya selalu berdiri di sana," tegas Arie.

Belum ada keterangan jelas apakah Spotify menghapus 70 episode tersebut pada Jumat lalu karena ucapan Rogan tentang cercaan rasial. Perwakilan Spotify tidak segera menanggapi permintaan untuk informasi lebih lanjut.

Rogan, dalam sebuah posting Instagram pada Sabtu (5/2), meminta maaf dan mengaku menyesal telah melontarkan kata-kata rasisme. "Itu adalah hal yang paling disesalkan dan memalukan yang pernah saya bicarakan di depan umum," kata dia.

"Itu terlihat sangat mengerikan, bahkan bagi saya," imbuh Rogan.

Dalam pernyataan yang disampaikan pada 31 Januari lalu, Rogan telah meminta maaf kepada Spotify atas informasi yang salah tentang Covid-19, dan berjanji akan "mencoba untuk menyeimbangkan semuanya" di episode mendatang.

Sebelumnya, Spotify telah memangkas 43 episode Joe Rogan Experience (JRE) dari katalog setelah perusahaan menambahkan acara Rogan pada September 2020 di bawah pakta distribusi eksklusif senilai US$100 juta. Itu termasuk segmen dengan tokoh sayap kanan seperti Alex Jones dari Infowars, Gavin McInnes dan Milo Yiannopoulos dan juga episode dengan berbagai komedian.

Kumpulan episode terbaru JRE yang ditarik oleh Spotify menampilkan sejumlah bintang tamu termasuk podcaster, aktor dan komedian Marc Maron, aktivis dan penulis LGBTQ Dan Savage, komentator politik Kyle Kulinski, dan komedian Bill Burr, Tom Segura, Iliza Shlesinger, Theo Von, Brian Redban, Rich Vos dan Pete Holmes.

Sebuah jajak pendapat penelitian independen yang dilakukan minggu ini menemukan bahwa 19 persen pengguna Spotify mengklaim bahwa mereka telah membatalkan akun mereka, karena podcast Rogan. Namun analis percaya bahwa efek dari gerakan boikot pada akhirnya akan minimal.

TAGS : Joe Rogan Podcaster Ucapan Rasisme Spotify




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :