Selasa, 05/07/2022 14:43 WIB

Podcaster Joe Rogan Minta Maaf soal Ucapan Rasisme

Pembawa acara podcast terkenal asal Amerika Serikat (AS) Joe Rogan, mengumumkan permintaan maaf atas penggunaan bahasa rasis di acara populernya.

Podcaster AS, Joe Rogan (Foto: BBC)

New York, Jurnas.com - Pembawa acara podcast terkenal asal Amerika Serikat (AS) Joe Rogan, mengumumkan permintaan maaf atas penggunaan bahasa rasis di acara populernya.

Sebuah video kompilasi yang viral di media sosial menunjukkan bahwa dia berulang kali menggunakan kata `nigga` di episode awal acaranya, yang telah berjalan selama lebih dari satu dekade.

Pria 54 tahun itu menyampaikan permintaan maafnya yang "terdalam" dan menyebut penggunaan kata-kata rasisnya di masa lalu sebagai tindakan yang "memalukan".

Dikutip dari BBC pada Minggu (6/2), Rogan juga meminta maaf karena membuat komentar rasis tentang mengunjungi lingkungan yang didominasi kulit hitam.

Dalam video berdurasi enam menit di Instagram, sang komentator MMA juga mengatakan bahwa dia berharap kesalahannya dapat membantu mendidik orang lain.

"Saya berharap ini bisa menjadi momen yang bisa diajar bagi siapa saja yang tidak tahu seberapa ofensif kata itu bisa keluar dari mulut orang kulit putih," kata bintang Spotify itu.

Tetapi Rogan juga berusaha membela diri, dengan mengatakan bahwa banyak klip telah "diambil di luar konteks percakapan dua belas tahun di podcast saya".

Dia mengatakan bahwa dia sering menggunakan cercaan saat mengutip komedian seperti Paul Mooney dan Lenny Bruce, atau saat mendiskusikan penggunaan kata itu dalam film yang disutradarai oleh pembuat film Quentin Tarantino.

India Arie, artis pemenang Grammy yang pertama kali memposting video kompilasi di halaman Instagram-nya, mengutuk penggunaan cercaan Rogan dan mengatakan dia akan menghapus musiknya dari Spotify sebagai bentuk protes.

"Dia seharusnya tidak mengucapkan kata itu. Bahkan tidak mengatakannya, dalam konteks apa pun. Jangan katakan itu. Di situlah saya berdiri. Saya selalu berdiri di sana," tegas Arie.

Sejumlah artis baru-baru ini keluar dari Spotify sebagai protes atas apa yang mereka duga sebagai peran Rogan dalam menyebarkan informasi yang salah tentang virus corona.

Sementara itu, Spotify diperkirakan telah membayar lebih dari US$100 juta (£74 juta) untuk hak eksklusif podcast pada tahun 2020.

TAGS : Joe Rogan Podcaster Ucapan Rasisme Spotify




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :