Rabu, 28/09/2022 22:28 WIB

Terpapar COVID-19, Presiden Filipina Rodrigo Duterte Isolasi Mandiri

Duterte telah divaksinasi penuh terhadap COVID-19 dan menerima vaksin penguat bulan lalu.

Presiden Filipina Rodrigo Duterte memberi isyarat saat menyampaikan Pidato Kenegaraan (SONA) ke-6, di Dewan Perwakilan Rakyat di Quezon City, Metro Manila, Filipina, pada 26 Juli 2021. (Foto: REUTERS/Lisa Marie David)

MANILA, Jurnas.com - Juru bicara kepresidenan Filipina, Karlo Nograles mengatakan, Presiden Rodrigo Duterte melakukan isolasi mandiri, menyusul akhir pekan lalu terpapar COVID-19 dari anggota staf rumah tangganya.

"Pemimpin berusia 76 tahun itu terus bekerja selama karantina dan tetap berkomunikasi dengan anggota Kabinetnya untuk mengatasi masalah mendesak dan kekhawatiran terkait pandemi," kata Nograles, dikutip dari AP.

Duterte telah divaksinasi penuh terhadap COVID-19 dan menerima vaksin penguat bulan lalu.

Nograles membenarkan laporan media sosial bahwa Duterte pergi ke Pusat Medis Kardinal Santos di pinggiran distrik San Juan di wilayah ibu kota tetapi mengatakan kunjungan itu untuk "pemeriksaan medis rutin saja".

Ia tidak mengatakan kapan Duterte pergi ke rumah sakit atau memberikan rincian lainnya.

Duterte, yang masa jabatan enam tahunnya yang penuh badai berakhir pada Juni, telah mengakui di masa lalu bahwa ia memiliki berbagai penyakit kesehatan, termasuk migrain berulang, sebagai akibat dari kecelakaan sepeda motor dan minuman keras di masa lalu.

Namun, ia mengatakan masalah kesehatannya yang paling serius adalah kerongkongan Barrett, suatu kondisi yang diduga disebabkan oleh asam lambung yang mengalir ke kerongkongan.

Konstitusi Filipina mengharuskan presiden secara terbuka mengungkapkan penyakit serius apa pun dan para pembantu Duterte membela penolakannya untuk merilis buletin medis tentang kesehatannya di masa lalu dengan mengatakan ia tidak memiliki masalah medis yang serius.

TAGS : Filipina Karlo Nograles terpapar COVID-19 Rodrigo Duterte




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :