Kamis, 19/05/2022 12:18 WIB

Pengemudi Truk Kanada Menuju Ottawa Protes Mandat Vaksin COVID-19

Konvoi Kebebasan, seperti yang disebut oleh para pengemudi truk, telah berkembang dan menarik lebih banyak perhatian dalam beberapa hari terakhir. 

Pengemudi truk Kanada memprotes mandat vaksin COVID-19 di Toronto pada 27 Januari 2022 (Foto: AFP/Cole Burston)

MONTREAL, Jurnas.com - Ratusan pengemudi truk Kanada berkumpul di Ottawa pada Jumat untuk melakukan demonstrasi besar-besaran menentang mandat vaksin untuk melintasi perbatasan Kanada-Amerika Serikat (AS).

Konvoi Kebebasan, seperti yang disebut oleh para pengemudi truk, telah berkembang dan menarik lebih banyak perhatian dalam beberapa hari terakhir. Titik pertemuan untuk demonstrasi akhir pekan telah ditetapkan di Parliament Hill, di jantung ibu kota Kanada.

Sejak pertengahan Januari, Kanada dan AS memberlakukan mandat vaksin COVID-19 untuk pengemudi truk yang melintasi perbatasan antara kedua negara, terpanjang di dunia dengan jarak hampir 9.000 km.

Mandat vaksin telah dikecam oleh beberapa pengemudi truk, yang menerima dukungan dari Tesla dan pendiri SpaceX Elon Musk, yang men-tweet pada Kamis "aturan pengemudi truk Kanada."

"Demonstrasi ini dalam lingkup nasional. Mereka berskala besar. Sayangnya, mereka bersifat polarisasi," kata kepala polisi Ottawa, Peter Sloly pada  Jumat (28/1).

Ia tidak dapat mengatakan berapa banyak truk atau demonstran yang akan muncul tetapi memperingatkan masalah keselamatan lalu lintas utama di ibu kota dan meminta orang untuk menjauh dari jalan jika memungkinkan.

Ia mengatakan, penyelenggara protes telah mengatakan kepada polisi demonstrasi akan berlangsung damai tetapi memperingatkan, beberapa orang mungkin bergabung dengan gerakan itu untuk menghasut kebencian dan kekerasan.

Beberapa bisnis telah menutup pintu mereka untuk akhir pekan, kata media lokal, menyiarkan rekaman truk pertama yang tiba di dekat parlemen di tengah membunyikan klakson yang keras.

"Politisi di ibu kota federal juga bisa menjadi sasaran," kata kepala polisi.

TAGS : truk Kanada Ottawa mandat vaksin covid-19 Amerika Serikat




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :