Kamis, 19/05/2022 11:58 WIB

Pejabat Senior AS Kunjungi Lithuania Pekan Depan

Fernandez akan didampingi pejabat Bank Ekspor-Impor AS untuk membahas implementasi nota kesepahaman senilai 600 juta dolar AS.

Bendera Taiwan dan Lithuania dikibarkan di Kantor Perwakilan Taiwan di Vilnius, Lithuania 20 Januari 2022. Reuters/Janis Laizans/File Photo

WASHINGTON, Jurnas.com - Pejabat Amerika Serikat (AS) akan mengunjungi Lituania pekan depan untuk membahas peningkatan kerja sama ekonomi. Negara baltik itu telah menghadapi tekanan dari China untuk meningkatkan hubungan dengan Taiwan.

Departemen Luar Negeri AS mengatakan dalam sebuah pernyataan, di bawah Sekretaris Pertumbuhan Ekonomi, Energi, dan Lingkungan, Jose Fernandez akan berada di Vilnius dari Minggu (30/1) hingga Selasa (1/2).

Fernandez juga dijawadwalkan di Brussel dari Rabu (2/2) hingga Jumat (4/2), di mana ia juga akan membahas upaya melawan "pemaksaan" ekonomi dengan pejabat Uni Eropa (UE).

"Di Vilnius, ia akan membahas kerja sama ekonomi bilateral, dan dukungan kuat AS untuk Lithuania dalam menghadapi tekanan politik dan paksaan ekonomi dari Republik Rakyat China," kata pernyataan itu, dikutip dari Reuters.

Fernandez akan didampingi pejabat Bank Ekspor-Impor AS untuk membahas implementasi nota kesepahaman senilai 600 juta dolar AS untuk memperluas peluang bagi eksportir AS dan pembeli Lituania di berbagai bidang seperti manufaktur teknologi tinggi, layanan bisnis, dan energi terbarukan, menurut pernyataan itu.

"Di Brussel, Fernandez akan membahas perdagangan dan investasi transatlantik melalui Dewan Perdagangan dan Teknologi AS-UE," kata pernyataan itu lagi.

AS, yang berusaha untuk melawan pengaruh China yang berkembang di seluruh dunia, telah mendukung Lithuania dalam perselisihannya dengan China atas Taiwan, sebuah pulau yang diklaim Beijing sebagai miliknya.

China menurunkan hubungan diplomatiknya dengan Lituania dan menekan perusahaan multinasional untuk memutuskan hubungan dengan negara itu setelah Taiwan membuka kantor perwakilan di Vilnius tahun lalu yang disebut Kantor Perwakilan Taiwan di Lituania.

Otoritas UE meluncurkan tantangan di Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) pada Kamis (27/1), menuduh China melakukan praktik perdagangan diskriminatif terhadap anggota UE, Lithuania, yang mereka katakan mengancam integritas pasar tunggal blok itu.

Kementerian Luar Negeri Lithuania mengatakan pada Kamis bahwa pihaknya berharap perselisihan perdagangannya dengan China akan diselesaikan dengan konsultasi antara China dan UE.

TAGS : Amerika Serikat Lituania China Uni Eropa




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :